Tips Memonitor Tontonan Anak

Fasilitas TV kabel saat ini semakin mudah untuk ditemui. Salah satu keuntungan mengunakan TV kabel adalah kita bisa memilih program yang ingin ditonton. Ini sangat membantu bagi kita yang memiliki anak kecil di rumah. Karena dengan begitu kita bisa memilih program yang sesuai dengan usia mereka dan menghindarkan dari tontonan yang tidak mendidik.

Meski begitu bukan berarti kita bisa lepas tangan begitu saja ketika anak-anak kita, terutama mereka yang masih belum memasuki usia sekolah. Acara TV yang bagus bisa meningkatkan rasa keingingtahuan serta memperkenalkan dunia kepada mereka. Namun, terlalu banyak menonton acara TV juga tentu tidak disarankan

Berikut ini beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memonitor tontonan anak-anak kita terutama mereka yang belum memasuki usia sekolah, di antaranya:

Pilih yang sesuai dengan umur anak. Pilihlah acara yang memberikan aktivitas serta pelajaran yang anak kita bisa pelajari. Beberapa kriterianya misalnya:

  • Mengajarkan sesuatu pada anak
  • Membuat anak tertarik
  • Membuat anak untuk mendengarkan dan bertanya
  • Membantunya mempelajari kata-kata baru
  • Membuatnya merasa nyaman dengan diri sendiri, dan
  • Mengenalkannya pada hal dan ide baru.

Perhatikan berapa lama anak menonton TV setiap minggunya serta apa saja yang ditonton. Beberapa ahli menyarankan untuk membatasi waktu menonton anak tidal lebih dari 2 jam sehari. Namun, ini juga tergantung pada jenis program apa yang ditonton anak.

Cari tahu tentang program TV, dan DVD anak yang sedang ada saat ini. Sangat penting untuk membantu anak kita memilih program yang tepat. Beberapa acara TV yang bagus yang bisa kita pilih pada TV Kabel Bandung misalnya saja sesame street, Barney and Friends, dan acara anak lainnya di Disnesy channel atau Nickelodeon.

Bantulah anak membuat keputusan dan mengenali acara apa yang  bagus untuk ditonton. Setelah menentukan acara TV yang cocok untuk anak, bantulah mereka memutuskan mana acara yang mereka ingin untuk terus tonton, caranya:

  • Hidupkan TV ketika salah satu dari cara tersebut mulai, dan matikan TV ketika acara berakhir.
  • Tontonlah TV bersama anak. Ini akan membantu kita menjawab pertanyaan yang diajukan si anak serta membicarakan apa yang dilihatnya di acara tersebut. Perhatikan dengan seksama bagaimana ia bereaksi terhadap acara tersebut, sehingga kita dapat membantunya untuk memahami apa yang sedang ditontonnya.

Nah, semoga membantu.