Terbang di Langit Pulau Jeju dengan Oreum Balloons

Menikmati pemandangan sebuah kota dari atas ketinggian merupakan suatu hal yang tak ternilai harganya. Disebut tidak ternilai karena tidak semua orang bisa mengalaminya. Untuk meraihnya, seseorang harus berada di tempat tinggi, seperti gedung, tower, atau gunung misalnya, atau bahkan menaiki helikopter demi melihat natural landscape dari sebuah kota. Dalam industri pariwisata di Indonesia sendiri, sudah banyak daerah yang mengedepankan hal ini dengan menawarkan pemandangan dari atas bukit.

Ya, sekarang ini, menikmati pemandangan dari atas ketinggian tertentu bukanlah sesuatu hal yang mustahil lagi. Seperti yang terjadi di Pulau Jeju, Korea Selatan, misalnya. Mereka baru saja merilis sebuah balon terbang, yang siap menjadi atraksi wisata untuk para pengunjung. Dengan hadirnya balon udara, siapa pun bisa berada di langit dan melihat pemandangan kota di bawahnya.

Adalah Oreum Balloons, balon udara yang siap beroperasi di Jeju setelah mendapatkan sertifikasi dari Jeju Regional Office of Aviation (JROA). Balon udara ini siap mengantarkan para wisatawan untuk menikmati Pulau Jeju dari atas ketinggian dengan durasi selama satu jam. Dengan ketinggian 2.000 kaki, indahnya Pulau Jeju pun menjadi pemandangan yang tak akan terlupakan oleh penumpangnya.

Pengalaman yang diterima oleh penumpang balon udara ini tidak hanya berhenti sampai di situ saja. Ketika tiba di destinasi yang diinginkan, penumpang dan pilot dari balon udara akan menikmati sebotol champagne sekaligus berfoto di udara.

Sebelum berhasil diluncurkan seperti sekarang, Kim Jong-kook, CEO Oreum Balloons sekaligus vice president dari Korea Balloon Association, memulai usahanya di tahun 2015. Idenya untuk membuat balon udara sebagai atraksi wisata pun disetujui oleh Korea Tourism Organization, yang kemudian memberinya dana sebesar 25 juta won (($22,000) untuk mengembangkan bisnis ini. Sayangnya, JROA menolak ide tersebut sebanyak tiga kali karena masalah keamanan. Barulah ketika Jong-kook memperbaiki masalah transmisi dan sebagainya, ide tersebut akhirnya disetujui.

Untuk bisa menikmati perjalanan dengan balon udara ini, pengunjung harus merogoh kocek sekitar 396,000 won ($350) dan diskon 10% untuk perjalanan grup (lebih dari tiga orang). Mengingat Oreum Balloons hanya beroperasi satu kali per hari, maka disarankan untuk membuat reservasi terlebih dahulu.