Perhatikan hal ini saat melakukan pengiriman internasional

, , Comment closed

Pengiriman internasional merupakan salah satu hal yang penting dalam bisnis. Dengan adanya pengiriman luar negeri ini bisnis kita pun bisa berkembang pesat dengan semakin luasnya wilayah pelanggan bisnis. Meskipun begitu, proses shipping ini kadang bisa membuat kita pusing. Ya, memang karena wilayah yang berbeda, aturan dalam pengiriman ini pun kadang suka berbeda. Inilah yang kadang menyebabkan pengiriman tertunda atau bermasalah.

Nah, agar pengiriman ini bisa lancar tanpa ada hambatan, ada beberapa hal yang haruslah diperhatikan sebelumnya, antaran lain:

Ketahui Aturan Pengiriman

Penting sekali untuk mengetahui aturan pengiriman internasional sebelum mengirim barang. Terutama aturan untuk barang yang ingin kita kirim.Tentunya kadang berbeda negara beda juga aturannya. Seperti kita tahu ada beberapa barang yang tidak diterima dikirim ke luar negeri, namun kadang di beberapa negara barang tersebut bisa diterima. Beda barang yang dikirim tentunya juga berlaku aturan yang berbeda. Misalnya saja pengiriman hewan dan tanaman, atau barang-barang pecah belah.

Regulasi bea cukai

Selanjutnya adalah mengetahui aturan bea cukai. Karena barang akan dikirim ke luar negeri, kita biasanya diharuskan untuk mengisi 2 dokumen bea cukai, satu untuk negara asal dan satu untuk negara tujuan. Pastikan kita mengisi dengan benar agar tidak terjadi masalah nantinya.

Biaya bea cukai

Saat satu barang dikirim ke luar negeri, bagian bea cukai akan membebankan biaya. Besaran ini tentunya berbeda-beda tergantung dari aturan negara dan harga barang tersebut. Semakin mahal harga barang, biasanya biaya bea cukainya juga akan semakin mahal. Karenanya penting sekali untuk mengecek besaran biaya ini sebelum mengirim barang kita.

Biaya shipping

Biaya pengiriman ini terdiri dari biaya yang dibebankan oleh perusahaan shipping serta biaya tambahan seperti pajak yang kadang dibebankan pada produk tertentu. Nah, untuk mendapatkan mendapatkan harga terbaik, kita harus rajin cek tarif berbagai perusahaan asuransi.

Asuransi

Dalam pengiriman internasional, dengan jarak yang jauh, tentunya tidak lepas dari resiko yang tinggi. Karena itulah, akan lebih baik bila kita mengasuransikan barang yang dikirim untuk menghindari kecelakaan dan resiko lainnya. Apalagi bila barang tersebut merupakan barang dengan harga yang mahal.

Dengan memperhatikan hal penting tadi, semoga pengiriman internasional kita bisa lebih lancar.