Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Lewat KidZania

Bukan rahasia lagi kalau banyak anak yang kurang suka mendengar kata-kata “belajar”. Di pikiran mereka, belajar mungkin merupakan kegiatan yang sulit dan membosankan. Karena itu, mungkin jika kegiatan belajar dikemas dengan aktivitas yang menyenangkan, anak-anak bisa lebih semangat untuk belajar. Nah, salah satu cara membuat kegiatan belajar lebih menyenangkan adalah dengan mengajak anak ke KidZania. Mengapa? Tempat bermain bersama keluarga ini menyediakan berbagai fasilitas bermain untuk anak yang bukan hanya menyenangkan tapi bisa mendukung proses perkembangan dan belajar anak.

Mungkin Anda juga sudah tahu sebelumnya kalau di KidZania anak-anak bisa memerankan berbagai macam profesi, sehingga ia bisa menjadi apa saja

kidzania
kidzania

yang ia inginkan. Namun bukan hanya memerankan profesi-profesi tertentu lho, anak-anak juga bisa berperan sebagai murid perguruan tinggi di Universitas KidZania. Ketika anak bingung sebaiknya bermain apa saat berlibur di KidZania, Anda bisa mengajaknya bermain ke Universitas KidZania. Di establishment ini, anak-anak bisa mendapatkan sedikit gambaran seperti apa nantinya belajar di perguruan tinggi.

Kegiatan yang akan diikuti oleh anak-anak di Universitas KidZania meliputi: belajar dan menjawab soal-soal Bahasa Inggris dan matematika. Dengan kegiatan ini, anak-anak dapat menggunakan ilmu yang dimiliki untuk menyelesaikan permasalahan dalam soal-soal yang diberikan. Tentunya dengan suasana yang fresh dan berbeda, anak-anak bisa lebih semangat untuk mengerjakannya.

Selain mengasah kemampuan kognitif dengan menyelesaikan soal-soal, anak-anak juga bisa memperluas pengetahuannya dengan mempelajari ilmu-ilmu baru di Universitas KidZania. Terlebih lagi, anak-anak juga dapat membangun skill komunikasi dan sosialnya ketika bertanya atau berkomentar mengenai hal yang dipelajari atau ketika ia bertemu dan berkenalan dengan teman-teman barunya.

Mirip seperti belajar di universitas sungguhan, anak-anak yang berhasil lulus tentunya akan diberi reward jika berhasil lulus. Reward tersebut adalah mendapatkan gaji tambahan ketika memerankan profesi di establishment-establishment lainnya. Oh iya, perlu diketahui, gaji di KidZania berbentuk replika uang yang bernama KidZos. KidZos ini nantinya bisa ditabung di bank KidZania atau digunakan untuk membeli barang atau jasa tertentu yang tersedia pada establishment KidZania.

Jadi, sebenarnya untuk membuat anak semangat dan giat belajar, Anda harus kreatif dan membangun suasana nyaman dan menyenangkan untuknya. Tak ada salahnya sesekali mengajaknya bermain ke KidZania karena di sini anak-anak juga dapat belajar ilmu dan pengalaman yang berharga.