Ini Penyebab Munculnya Kulit Bersisik

Kulit bersisik, mendengar kata itu mungkin Anda akan langsung teringat dengan hewan melata yang berbisa, yaitu ular. Namun ternyata selain hewan tersebut manusia juga bisa mengalaminya, loh! Memang tidak semua orang mengalami masalah kulit ini. Apalagi jika Anda sering melakukan perawatan dengan menggunakan sabun mandi untuk kulit kering, maka kemungkinan Anda mengalaminya akan lebih kecil.

Meskipun begitu, ternyata ada saja orang yang tetap mengalaminya meskipun sudah melakukan pencegahan kulit bersisik. Hal ini dikarenakan munculnya kulit bersisi akibat dari suatu penyakit kulit yang diderita, antara lain:

  • Dematitis

Dematitis merupakan salah satu peradangan berupa ruam pada kulit. Masalah kulit ini tidak menular pada orang lain, tetapi bisa menyebabkan rasa gatal kulitdan tidak nyaman pada penderitanya. Ada beberapa jenis dematitits yang dibedakan berdasarkan penyebab munculnya masalah kulit ini. Salah satunya yaitu dematitis kontak yang merupakan dematitis akibat adanya kontak langsung antara kulit dengan zat penyebab munculnya alergi atau disebut alergen.

  • Psoriasis

Psoriasis adalah kondisi ketika produksi sel kulit tubuh terjadi secara berlebihan dan cepat. Akibatnya akan terjadi penebalan kulit pada beberapa area tubuh karena sel kulit baaru tumbuh sebelum sel kulit yang lama sudah waktunya diregenerasi. Hingga saat ini belum ada yang tahu pasti penyebab seseorang bisa mengidap penyakit ini.

  • Pityriasis rosea

Pityriasis Rosea merupakan masalah kulit berupa ruam berwarna merah muda dan disertai dengan rasa gatal. Namun sebelum ruam ini muncul, penderitanya akan mengalami beberapa gejala seperti demam, menurunnya nafsu makan, nyeri pada tenggorokan dan sendi, dan sakit kepala. Gejala ini bisa dirasakan selama beberapa hari sebelum akhirnya ruam mulai muncul. Hingga saat ini masih belum ada yang bisa memastikan penyebab masalah kulit ini. Namun ini bukanlah suatu penyakit menular jadi Anda tidak perlu khawatir jika orang di sekitar Anda ada yang mengalami masalah kulit ini.

  • Tinea pedis

Anda mungkin belum kenal istilah ini meskipun istilah lainnya sudah Anda kenal, yaitu kutu air. Masalah kulit ini merupakan salah satu masalah yang muncul akibat adanya infeksi jamur pada kulit di area sela jari kaki. Infeksi ini akan menimbulkan rasa gatal yang luar biasa terutama setelah Anda melepaskan sepatu dan kaos kaki selepas beraktivitas. Kondisi ini harus segera diatasi karena jika tidak, maka dapat menyebar ke area lainnya.

Ketika Anda mengalami kulit bersisik padahal Anda sudah melakukan berbagai perawatan, ada baiknya jika segera mengonsultasikannya pada dokter kulit. Sebab bisa jadi salah satu dari poin di atas adalah penyebab Anda mengalaminya. (Vita)