Fakta Unik dari Kota Jakarta

Mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita untuk mendengar kata ‘Kota Jakarta’. Kota dengan sejuta umat yang cukup padat ini tentu menjadi impian dari perantauan untuk menantang hidup di ibu kota. Di balik segala hal seperti lokasi perkantoran Indonesia, wahana bermain air di Jakarta, Ondel-Ondel khas Betawi, bahkan hal-hal lainnya, berikut merupakan fakta-fakta menarik Kota Jakarta yang mungkin belum kamu ketahui.

  1. Kota di Indonesia yang berstatus Provinsi

Kota Jakarta adalah salah satu kota yang berada di Indonesia satu-satunya yang juga merupakan sebuah provinsi. Sesuai dengan fungsi dari  Kota Jakarta

fakta jakarta

sebagai pusat dari perkantoran, setidaknya kota ini merupakan salah satu yang berpengaruh terhadap 70% perputaran uang di Indonesia.

 

  1. Stasiun kerta api terbesar

Stasiun Jakarta kota memiliki 580 kereta api yang bekerja setiap harinya dan pernah masuk kedalam salah satu stasiun terbesar se-ASEAN. Kota tersibuk di Indonesia ini tentu membutuhkan cukup banyak kendaraan umum yang memadai untuk kelangsungan pekerjaan atau mobilitas masyarakat, maka pemanfaatan kereta di Jakarta ini cukup besar hingga 580 kereta api yang selalu bergerak dari – menuju Stasiun Jakarta Kota.

 

  1. Terdapat 47 Museum yang tersebar

Kota Jakarta memiliki cukup banyak sejarah dari awal pembentukan hingga sekarang. Kenangan hingga hal-hal penting banyak terampung ke  dalam 47 museum yang tersebar di Kota Jakarta. Kamu dapat mendatangi museum tersebut untuk belajar atau berekreasi bersama dengan keluarga ke museum tersebut.

 

  1. Berganti nama sebanyak 10 kali

Apakah kamu tahu bahwa Kota Jakarta mengalami setidaknya 10 kali pergantian nama? Pergantian nama itu tentu terjadi pada saat Indonesia mengalami zaman penjajahan hingga saat sudah mengalami kemerdekaan. Kota Jakarta pernah berganti nama menjadi Sunda Kelapa, lalu menjadi Sta Batavia, Gemeente Batavia, Stad Gemente Batavia. Kemudian pada zaman penjajahan dari Jepang, Kota Jakarta pernah berganti nama menjadi Betshu Shi kemudian Jakarta Toko. Pada saat merdeka pernah berganti nama menjadi Jakarta, Kota Praja Jakarta, Pemerintahan Daerah Khusus Ibukota Jakarta Raya, hingga sampai pada akhirnya menjadi Jakarta.

 

  1. Kota dengan pusat perbelanjaan terbanyak

Kota Jakarta termasuk ke dalam kota dengan pusat perbelanjaan terbanyak di dunia, berkisar 173 mall yang tersebar di seluruh kawasan Jakarta. Tentu hal ini cukup membuat minat banyak dari orang-orang atau turis yang berdatangan untuk berlibur ke mall-mall di Jakarta.

Itu dia beberapa fakta unik dari Kota Jakarta. Selamat beraktifitas! (VK)