Cara Aman dan Nyaman Bersepeda

, , Comment closed

Bersepeda dapat menjadi pilihan sehat untuk bepergian sehari-hari. Sepeda MTB, sepeda fixie, sepeda lipat, hingga sepeda onthel seringkali kita lihat di jalan-jalan kota. Bersepeda sangat mudah dilakukan, murah, dan menyehatkan. Bahkan, saat ini semakin banyak saja masyarakat yang menjadikan sepeda sebagai alat transportasi kesehariannya. Selain karena lebih sehat, sepeda dipilih karena lebih ramah lingkungan bila dibandingkan dengan kendaraan bermotor. Namun sayangnya, bersepeda di kota besar memiliki banyak resiko bagi pengendaranya. Dengan populasi mobil yang jauh lebih banyak daripada sepeda, sepeda seakan menjadi minoritas yang terancam di jalan-jalan kota. Selain itu, tidak tersedianya jalur khusus sepeda semakin meningkatkan kemungkinan terjadinya kecelakaan yang menimpa pengendara sepeda. Karena itulah, pengendara sepeda harus lebih waspada ketika bersepeda di kota besar untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Berikut ini, adalah beberapa tips untuk menghindari kecelakaan di kota besar:

  • Berikanlah perhatian penuh pada jalan, dan dengarkanlah suara di jalan baik-baik, karena biasanya mesin akan terdengar lama sebelum mobil terlihat. Sebaiknya jangan dengarkan musik ketika sedang bersepeda di keramaian, untuk meningkatkan tingkat konsentrasi Anda selama dijalan.
  • Berhati-hatilah dalam memilih rute. Jika memungkinkan, pilihlah rute yang hanya sedikit dilewati oleh kendaraan bermotor, dan memiliki lebih sedikit belokan. Rute seperti ini, akan membuat kita lebih aman saat bersepeda.
  • Gunakanlah ‘lampu sen’ ketika Anda akan berbelok. Disarankan untuk menggunakan tangan sebagai pengganti lampu sen ketika Anda bersepeda.
  • Jangan biarkan sepeda oleng ketika Anda melihat ke belakang. Daripada melihat ke belakang sambil mengerem, Anda bisa mencoba cara ini: ketika melihat ke kiri, pindahkan tangan kanan ke tengah setang dan lepaskan tangan kiri sebelum menengok. Lakukanlah sebaliknya jika ingin melihat kanan. Teknik ini seringkali dilakukan oleh pesepeda estafet. Latihlah gerakan ini hingga lancar.
  • Pastikan jempol Anda selalu mengait di setang sepeda, agar pegangan lebih mantap pada setang sepeda.

Kecelakaan ketika bersepeda dapat dengan mudah dihindari, asal kita selalu waspada dan mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku. Selain beberapa hal yang sudah disebutkan di atas, mengendarai sepeda secara hati-hati dan tidak ugal-ugalan juga akan membantu kita terhindar dari kecelakaan.