Apartemen Jadi tren Properti Indonesia di masa Depan?

Hunian merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang harus terpenuhi. Karena itulah, bisnis properti akan selalu mengalami peningkatan tiap tahunnya, mengingat kebutuhannya yang juga akan semakin meningkat setiap tahunnya. Hal seperti ini terjadi pada sektor properti di seluruh dunia.

Setiap tahunnya kebutuhan dan permintaan akan hunian yang layak di Indonesia semakin meningkat. Sayangnya peningkatan kebutuhan ini tidak sejalan dengan ketersediaan pasokan unit rumah. Backlog alias kekurangan pasokan rumah di Indonesia sendiri terus mengalami peningkatan rata-rata sebanyak 500 unit tiap tahunnya. Pada tahun 2014 ini saja, backlog pasokan rumah di Indonesia berdasarkan catatan REI (Real Estate Indonesia) telah mencapai 15 juta unit rumah.

Tingginya permintaan hunian bukan merupakan satu-satunya faktor penyebab backlog di Indonesia ini. Kurangnya daya beli masyarakat serta lahan untuk pembangunan yang semakin langka, terutama di kota-kota besar, juga turut meningkatkan angka backlog setiap tahunnya.

Untuk mengatasi masalah ini, salah satu cara yang diambil oleh pemerintah dan pengembang adalah dengan membangun lebih banyak hunian vertikal yakni rumah susun atau apartemen dibandingkan dengan rumah tapak. Dengan begitu, meski lahan untuk pembangunan tidak begitu banyak, namun pasokan hunian bisa lebih banyak diberikan untuk mengatasi kekurangan pasoakan kebutuhan hunian tersebut.

Di perkotaan, terutama di daerah dekat denagn pusat bisnis, permintaan akan hunian vertikal ini memang sudah semakin tinggi. Hal ini dikarenakan banyak orang yang ingin memiliki tempat tinggal yang lebih dekat dengan kantornya, sehingga akan lebih menghemat waktu dan biaya menuju kantor. Tidak heran banyak pengembang properti Indonesia yang akhirnya membangun rumah susun dan apartemen di dekat pusat bisnis.

Trend pembangunan apartemen ini pun tidak hanya berpusat di dekat pusat bisnis dan kota, namun juga mulai meluas ke daerah atau kawasan industri serta daerah berkembang. Alasannya pun sama, untuk mengatasi keterbatasan lahan pembangunan hunian. Melihat trend ini maka bisa dikatakan, beberapa tahun mendatang sebagian besar masyarakat Indonesia akan tinggal di apartemen dan rumah susun. Artinya, apartemen akan menjadi trend hunian atau tempat tinggal di Indonesia pada masa mendatang