3 Kesalahan Umum dalam Memilih Asuransi Kendaraan

, , Comment closed

Asuransi kendaraan merupakan salah satu produk asuransi yang penting untuk dimiliki bagi Anda yang memiliki kendaraan di rumah, baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Dengan adanya asuransi kendaraan ini, setidaknya bisa meringankan beban finansial Anda ketika terjadi hal-hal tidak diinginkan pada mobil atau motor, misalnya saja kecelakaan atau kecurian. Mengingat pentingnya asuransi ini, Anda tentu tidak boleh sembarangan dalam memilihnya.

Untuk bisa mendapatkan manfaat asuransi yang maksimal, sebaiknya Anda menghindari beberapa kesalahan yang sering terjadi saat memilih asuransi kendaraan berikut ini:

Tidak melihat reputasi perusahaan asuransi

Kesalahan yang paling sering dilakukan sekaligus yang paling fatal adalah sembarangan dalam memilih perusahaan asuransi kendaraan. Sembarangan di sini berarti Anda tidak melakukan riset atau mencari informasi yang lengkap sebelumnya mengenai reputasi dan portfolio perusahaan tersebut. Informasi penting yang perlu Anda tahu misalnya saja sudah berapa lama perusahaan tersebut berdiri, bagaimana pelayanan perusahaan terhadap nasabahnya, apakah ada banyak komplain atau kasus terhadap pelayanan perusahaan, hingga kondisi keuangan perusahaan saat ini. Beberapa informasi tersebut bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih dan menentukan perusahaan yang terbaik.

Tidak memahami kebutuhan serta produk yang diinginkan

Asuransi kendaraan sendiri terbagi lagi menjadi dua jenis, yakni:

  1. Asuransi Total Loss Only (TLO) yang memberikan pertanggungan bila kendaraan hilang atau kerusakan minimal 75% hingga tidak bisa digunakan lagi.
  2. Asurasni all-rsik yang menjamin kerugian dikarenakan kecelakaan, baik besar maupun kecil, kehilangan, hingga kehilangan perlengkapan tambahan yang disertai dengan perusakan (pencurian).

Dua jenis tersebut tentunya memiliki keuntungannya masing-masing, dan tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jangan sampai Anda membeli asuransi yang tidak sesuai dengan kebutuhan yang nantinya justru akan merugikan karena tidak terpakai sama sekali. Karena itulah sebelum memilih jenis asuransi yang hendak digunakan ada baiknya untuk lebih dulu memahami kebutuhan Anda kemudian memahami jenis produk yang ditawarkan.

Tidak membaca isi kontrak /perjanjian

Pastikan Anda membaca dengan seksama dan memahami benar isi dari perjanjian atau kontrak asuransi sebelum menandatanginya. Terutama untuk hal-hal apa saja yang bisa membatalkan klaim atau yang tidak ditanggung oleh klaim asuransi.

Dengan menghindari 3 kesalahan umum ini, semoga dapat membantu pembelian asuransi mobil Anda.