Waspadai Berkurangnya Minyak Rem Secara Tidak Wajar

, , Comment closed

Saat kamu sudah memiliki kendaraan sendiri, ada banyak hal yang harus kamu pikirkan terkait kendaraanmu tersebut. Tidak hanya memikirkan oli mesin terbaik yang harus kamu gunakan untuk motormu saja, tetapi juga berbagai hal penting lainnya. Salah satunya adalah komponen yang sangat penting karena berkaitan dengan keselamatan berkendara, yaitu komponen rem.

Yap, rem bukanlah komponen yang bisa diabaikan begitu saja. Percuma kamu memodifikasi motormu hingga terlihat luar biasa menarik, tapi kamu mengabaikan komponen ini yang akhirnya membuatmu celaka akibat motor tidak dapat mengerem dengan sempurna. Nah kerja rem sendiri didukung oleh berbagai komponen yang saling berkaitan, salah satunya yaitu minyak rem.

Minyak rem memiliki fungsi yang sama dengan pelumas lainnya, yaitu untuk melumasi bagian logam yang saling bergesekan saat sistem pengereman oli mobilbekerja. Ketika minyak rem ini habis akan membuat piston kaliper tidak dapat berfungsi dengan maksimal dan menyebabkan bagian rem berkarat. Dalam kondisi normal, minyak rem tidak akan habis namun akan berkurang karena digunakan. Itulah sebabnya ketika kamu menemukan bahwa minyak rem habis, itu artinya ada suatu masalah pada kendaraanmu.

Menurut situs otomotif.liputan6, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan minyak rem habis, di antaranya:

  • Sil master rem

Komponen ini berfungsi sebagai penekan minyak rem dan berada di bagian dalam. Terdiri dari karet, per, dan logam. Ketika bagian komponen ini mengalami kerusakan atau kebocoran, maka akan menyebabkan minyak rem keluar sehingga lama kelamaan akan habis.

  • Selang dan nipel

Minyak rem akan dialirkan ke berbagai komponen melalui selang. Ketika selang ini mengalami kebocoran akan membuat minyak rem mengalir keluar. Selain itu, bagian nipel dan ring yang sudah mengalami kerusakan juga bisa membuat minyak rem merembes keluar.

  • Kampas rem

Jika kampas rem sudah terlalu tipis akan membuatnya butuh minyak rem dalam jumlah yang lebih banyak dari kampas rem normal. Penyebab tipisnya kampas rem ini biasanya adalah karena pengereman yang ekstrem. Itulah sebabnya sangat disarankan untuk menghindari pengereman ekstrem.

Sebaiknya periksa minyak rem secara berkala sehingga kamu akan segera mengetahuinya ketika ada suatu yang tidak beres pada komponen ini. (Vita)