Waspadai 4 Blindspot Truk Dibawah ini!

, , Comment closed

Kedisiplinan dalam berkendara di Indonesia masih sangat memperhatikan. Sering kali kecelakaan lalu lintas akibat kelalaian pengendara terjadi dijalan raya. Salah satu kendaraan yang sering terlibat dalam kejadian-kejadian mengerikan tersebut adalah truk-truk besar, seperti truk tangki atau truk semen. Kecelakaan yang tidak jarang berakhir pada kematian ini sering melibatkan truk-truk besar tersebut, namun kita tidak dapat menyalahkan seluruhnya pada pengemudi truk. Kelalaian pengendara disekitarnya bisa menjadi alasan mengapa kecelakaan tersebut bisa terjadi. Salah satu kelalaian yang sering ditemukan adalah banyak pengendara lainnya yang tidak menghindari atau bahkan tidak mengetahui titik buta atau blindspot truk-truk besar.

Truk memiliki titik buta atau blindspot dimana titik-titik tersebut tidak dapat dijangkau oleh kasat mata, meskipun truk sudah dilengkapi kaca spion. Jelas ini berbahaya untuk pengendara-pengendara lainnya yang ada disekitar truk. Berikut adalah empat area blindspot truk yang harus kamu ketahui!

Blindspot

www.lowestpricetrafficschool.com

  1. Bagian depan truk

Truk memiliki bentuk yang tinggi, dimana kondisi ini membuat supir tidak dapat melihat dibagian depan truk. Berbeda dengan mobil-mobil umum lainnya seperti sedan dan SUV yang pendek. Maka dari itu kamu harus mewaspadai titik buta satu ini ketika berkendara. Jaga jarak kamu sehingga kendaraan yang kamu gunakan dapat terlihat oleh supir truk. Hindari mengemudi motor tepat dibagian depan truk (terutama ketika kendaraan berhenti karena macet). Jika kamu ingin menyebrang, usahakan untuk tidak menyebrang melewati bagian depan truk!

  1. Bagian belakang truk

Truk biasa digunana untuk menapung muatan yang besar dan banyak, sehingga membuat supir tidak dapat melihat bagian belakang truk karena tertutup oleh muatan tersebut. Hindari berkendara dekat dengan bagian belakang truk, jaga jarak sehingga kendaraan kamu berada diluar titik buta truk meskipun dalam keadaan berhenti atau macet.

  1. Bagian samping truk

Bagian samping truk juga merupakan area blindspot truk. Kecelakaan sering terjadi karena banyak yang tidak memahami bahwa supir truk tidak dapat melihat kamu disamping truk meskipun ada kaca spion. Kengin untuk menyalip truk biasanya menjadi alasan utama. Truk membutuhkan ruang yang cukup besar untuk belok atau berganti ruas jalan, ditambah bagian samping truk adalah titik buta. Kamu harus berhati-hati dan jagalah jarak dengan truk.

  1. Bagian kiri truk

Di Indonesia, pengendara berada di bagian kanan kendaraan. Ini membuat titik buta di kiri truk lebih besar dari pada bagian kanannya, sehingga supir truk sulit untuk melihat dengan jelas kondisi bagian kiri truk. Berbeda dengan bagian kanan, dimana supir truk bisa dengan leluasa melihat samping dan belakang truk dengan kaca spion atau dengan melihat dengan matanya sendiri. Hindari berada dibagian kiri truk, terutama jika berada dijalanan yang memungkinkan truk untuk berbelok ke kiri (perempatan atau pertigaan).

Itulah empat titik buta truk yang harus kamu perhatikan. Selalu waspada ketika berkendara. Jauhkan keinginan untuk mengebut dan menyalip kendaraan-kendaraan besar. Selalu prioritaskan keselamatan kamu dengan mengikuti aturan lalu lintas yang ada! (Della)