Waspada : Bahaya Yang Mengintai Para Pekerja Kantoran

, , Comment closed

Sebagian besar pekerja kantoran yang berada di pusat kota akan menghabiskan banyak waktunya dengan duduk di kubikel atau meja kerja mereka sepanjang hari. Hal ini mungkin tidak terasa terlalu melelahkan, karena Anda tidak perlu berdiri sepanjang waktu. Namun demikian, ada bahaya yang mengincar tubuh Anda karena kebiasaan sederhana ini loh. Bahkan, para dokter spesialis jantung pun menganjurkan agar para pekerja kantoran ini mencari kegiatan sampingan selain duduk sepanjang waktu untuk meminimalisir risiko terkena penyakit jantung. Berikut ini adalah bahaya yang biasa dialami oleh para pekerja kantoran:

  1. Sakit punggung. Pernahkah Anda merasakan nyeri punggung ketika hendak tidur atau terbangun di pagi hari? Jika ya, sakit punggung merupakan gejala yang paling sering ditemukan pada pekerja kantoran yang duduk seharian di meja kerja. Duduk lama di kursi akan menyebabkan otot tulang belakang Anda menjadi kaku.
  2. Nyeri pada otot leher. Secara tidak sadar, Anda akan sering duduk tegak karena jarak antara komputer dan tempat duduk Anda akan memaksa Anda untuk duduk tegak terus menerus. Ditambah lagi, Anda duduk dalam waktu yang lama dengan minim aktivitas. Hal tersebut menyebabkan otot leher Anda akan tertarik dan terasa kaku. Jika tidak segera ditangani, rasa sakitnya akan semakin nyeri dan menyiksa.
  3. Gangguan metabolisme. Duduk dalam waktu yang lama akan membuat Anda semakin malas bergerak. Dan untuk menghalau kantuk, biasanya Anda akan mengonsumsi kafein atau mengemil. Kegiatan ini justru tidak baik. Pertama, hati dan ginjal tidak berfungsi maksimal ketika Anda duduk terlalu lama. Kedua, kebiasaan mengosumsi kafein dan ngemil akan membuat Anda melakukan penimbunan lemak dan kolesterol yang bisa merusak fungsi ginjal.
  4. Memperbesar risiko penyakit jantung dan stroke. Minimnya aktivitas fisik yang dilakukan selama sehari membuat seseorang mudah terserang risiko serangan jantung. Sebab aliran darah yang seharusnya dialirkan ke otak mengalami gangguan. Dan stroke juga bisa menyerang Anda ketika Anda memiliki riwayat hipertensi dan memiliki beban pekerjaan yang besar.