Waspada Anak Kecanduan Internet

, , Comment closed

Pemanfaatan teknologi internet yang semakin berkembang dan meluas terjadi di hampir seluruh daerah di Indonesia, termasuk kota Brebes. Internet Brebes tidak hanya hadir di tempat publik seperti sekolah, warung internet atau tempat umum lainnya saja, tetapi juga sudah umum digunakan di rumah-rumah pribadi. Hadirnya berbagai provider internet yang menyediakan layanan internet untuk kota ini mempermudah masyarakat di kota ini untuk dapat lebih maju dan berkembang.

Penggunaan internet dengan cara yang tepat dapat memberikan banyak manfaat bagi kita. Contohnya saja memudahkan kita untuk mencari berbagai informasi yang kita butuhkan, seperti informasi mengenai berbagai hal yang terjadi di dalam maupun luar negeri, atau hanya sekedar mencari resep masakan. Bagi anak-anak, internet juga bermanfaat untuk membantu mereka mempelajari berbagai hal dan mendapatkan berbagai tambahan pengetahuan baru. Banyak game online yang ditujukan untuk anak-anak yang bermanfaat untuk membantu mereka mempelajari hal baru. Saat memainkan game ini, tentu saja orang tua harus mendampinginya agar semua aktifitas yang dilakukan sang anak dapat terkontrol.

Sayangnya, seringkali orang tua justru menggunakan permainan online ini untuk membuat anaknya duduk manis sehingga orang tua dapat melakukan aktifitas yang diinginkannya. Jika hal ini berlangsung terus menerus, akan menyebabkan anak mengalami kecanduan game, dan bahkan bisa melupakan waktu saat sedang asik bermain. Anak tidak akan peduli dengan kondisi disekitarnya karena terlalu asik dengan kegiatan yang sedang dilakukannya. Bahkan, ketika anak sudah semakin dewasa kebiasaan ini akan bisa terus semakin memburuk dan tidak dapat terkendali lagi.

Selain masalah pada game online, terkadang ada orang tua yang memperkenalkan anak pada sosial media saat usianya masih terlalu kecil. Pada kasus ini, banyak juga yang pada akhirnya sang anak akan menjadi lebih pintar untuk menggunakan sosial media dibandingkan orang tuanya. Jika hal ini sampai terjadi, umumnya orang tua akan kehilangan kendali atas apa yang dilakukan oleh anaknya dalam sosial media. Anak yang masih belum terlalu memahami mana hal yang baik dan hal yang buruk akan bisa terjebak pada hal yang salah, dan akan sulit bagi orang tua untuk mengarahkan anak untuk kembali ke arah yang tepat.

Tidak mudah untuk menghindari anak dari bahaya internet, namun dengan meluangkan waktu lebih banyak untuk anak maka dampak negatif internet akan dapat di minimalkan