Vitamin E untuk Vitamin Rambut Subur

Seperti kulit, rambut juga membutuhkan vitamin untuk membuatnya selalu terawat dan sehat. Salah satu vitamin rambut yang penting untuk kesehatan rambut adalah vitamin E. Vitamin yang selama ini sudah terkenal khasiatnya untuk kulit ternyata juga memiliki manfaat yang banyak untuk rambut, terutama bagi kita yang ingin memiliki rambut panjang.

Vitamin E bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, termasuk peredaran darah di kulit kepala kita. Dengan sirkulasi darah yang lancara ini, sel di dalam kulit kepala dan folikel rambut akan mendapatkan oksigen lebih banyak yang nantinya dapat membantu pertumbuhan rambut sekaligus membuatnya lebih sehat. Vitamin E juga berguna untuk mencegah rambut rontok serta kebotakan dini.

Selain menjaga kesuburan rambut, vitamin E juga bermanfaat untuk menjaga rambut dari bahaya sinar matahari yang bisa merusak rambut. Terlindungnya rrambut dari sinar ultra violet matahari bisa membuat rambut menjadi lebih kuat dan sehat. Selain itu, vitamin E juga berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi kerusakan rambut dari radikal bebas di sekeliling kita. Radikal bebas ini bisa menyebabkan kerusakan pada folikel rambut yang akhirnya akan menyebabkan kerontokan.

Dosis dan Penggunaan Vitamin E

Melihat banyaknya manfaat dari vitamin E ini, maka tidak heran banyak yang sudah memanfaatkan vitamin E baik dalam bentuk suplement ataupun berupa minyak sebagai vitamin rambut. Dosis yang dianjurkan untuk penggunaan vitamin E adalah sebanyak 400 IU dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jangan menggunakannya hingga dosis yang terlalu tinggi demi untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat. Karena,  menggunakan atau mengonsumsi vitamin E dalam dosis yang sangat tinggi, hingga 1000 IU misalnya, justru bisa memberikan efek terbalik bagi tubuh dan bahkan bisa memperparah kerontokan rambut.

Selain berbentuk suplemen, vitamin E  juga bisa ditemukan dalam bentuk minyak atau gel, yang bisa langsung kita aplikasikan ke kulit kepala. Karena vitamin E lebih mudah meresap pada kulit kepala yang bersih, maka sebaiknya gunakan setelah keramas. Namun, kita harus berhati-hati bila menggunakan vitamin E ini langsung pada kulit kepala, karena beberapa orang bisa saja memiliki reaksi yang berbeda-beda. Segera bersihkan rambut bila kulit kepala terasa gatal.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, kita juga bisa mengimbanginya dengan mengonsumsi beberapa makanan berikut yang merupakan sumber vitamin E, misalnya saja sayur-sayuran hijau seperti bayam, buah-buahan, telur, kedelai, dan kacang-kacangan.