Ubanan Meski Masih Muda? Mungkin Ini Sebabnya!

, , Comment closed

Masih muda tetapi sudah ubanan? Hmm, adakah yang mengalami hal seperti ini? Kalau kamu termasuk ke dalam salah satunya, jangan panik dulu nih, guys. Uban di usia muda bisa tumbuh karena berbagai hal. Bisa karena faktor genetik karena faktor keturunan dan bisa juga karena beberapa hal di bawah ini. Untuk mengatasinya, kita bisa mengonsumsi suplemen untuk kesehatan tubuh sekaligus menjaga pola makan dengan baik.

  1. Ternyata, kemunculan uban bisa menimpa anak muda karena beberapa faktor. Salah satunya adalah karena stress yang sedang dialami. Stress bisa menyebabkan penipisan sel induk dari dasar folikel rambut. Ketika seseorang mengalami stress berlebih atau banyak pikiran misalnya, maka uban ini bisa berpotensi muncul.
  2. Masalah kesehatan. Uban juga bisa muncul karena dipicu oleh masalah kesehatan. Misalnya saja seperti penyakit tiroid autoimun yang menyerang kulit dan rambut seperti alopecia atau vitiligo. Ketika sel rambut terganggu, maka bisa saja ubah muncul sebagai efek sampingnya. Selain itu, uban juga bisa muncul sebagai efek dari kerusakan DNA dan penumpukan hidrogen peroksida dalam folikel rambut yang menjadi penyebab terganggunya produksi melanin. Tanpa melanin, rambut baru yang tumbuh tidak memiliki pigmen dan rambut menjadi tampak abu-abu, putih, atau perak.
  3. Kurang vitamin. Rambut beruban bisa terjadi karena seseorang mengalami kekurangan vitamin B12. Penyerapan vitamin yang tidak berjalan sempurna ini bisa disebabkan karena anemia pernisiosa, yaitu penurunan sel darah merah yang menyebabkan usus tidak dapat menyerap nutrisi dari makanan. Untuk mengatasinya, kita bisa memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 seperti telur, daging, hati, dan lain sebagainya.
  4. Kebiasaan merokok bisa pula berdampak pada kulit dan rambut kita. Kandungan nikotin dan bahan kimia lain yang terkandung pada rokok bisa masuk ke pembuluh arteri dan menyumbat aliran oksigen serta nutrisi penting ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, kulit menjadi tidak ternutrisi dengan baik.

Itulah beberapa faktor yang bisa memengaruhi kemunculan uban pada anak muda. Silakan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mengurangi risiko munculnya uban di rambut kita. Semoga membantu!