Tubuh Lemas Saat Bangun Tidur? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

, , Comment closed

sleep sick

rd.com

Tidur seringkali menjadi cara paling efektif untuk mengembalikan tenaga setelah lelah beraktivitas di hari sebelumnya. Agar proses pengembalian tenaga dapat maksimal dan tubuh terbebas dari rasa pegal, banyak yang mengonsumsi vitamin untuk capek pegal sebelum tidur di malam hari. Akan tetapi, cukup banyak yang mengeluh tubuhnya masih tetap terasa lemas, bahkan ketika baru bangun tidur.

Mungkin, beberapa dari Anda merasa hal ini wajar. Yah, namanya juga baru bangun tidur, wajar jika masih membutuhkan waktu beberapa saat untuk kembali segar sebelum memulai aktivitas. Akan tetapi, hal ini menjadi tidak wajar jika rasa lemas berlangsung lama hingga membuat Anda malas bangun dan terjadi setiap hari.

Untuk Anda yang saat ini sedang mengalaminya, ada baiknya jika mengetahui penyebab hal tersebut bisa terjadi, seperti beberapa hal berikut ini:

  1. Konsumsi makanan berat pada malam hari yang menyaebabkan peningkatan produksi asam lambung. Akibatnya, Anda mengalami GERD (refluks asam lambung/asam lambung naik ke tenggorokan) pada saat dalam posisi telentang ketika tidur. Hal ini akan membuat tidur Anda terganggu.
  2. Konsumsi kafein menjelang tidur akan membuat Anda terjaga dan sulit untuk tidur. Akibatnya, Anda akan tidur terlalu larut sehingga membuat waktu istirahat malam Anda tidak cukup banyak.
  3. Kebiasaan bermain gadget pada malam hari akan memengaruhi waktu istirahat Anda. Sebab, banyak yang pada akhirnya terlalu fokus bermain gadget hingga tanpa sadar tidur terlalu larut. Selain itu, bermain gadget juga dapat membuat otak berpikir terlalu keras sehingga membuat Anda sulit tidur.
  4. Kurang olahraga ternyata dapat memengaruhi kualitas tidur seseorang. Sebab, olahraga dapat bermanfaat untuk menenangkan diri, meredakan stres, dan membangkitkan suasana hati yang positif.
  5. Pikiran yang stres akan membuat otak terus bekerja dan akan mengganggu keinginan Anda untuk tidur.

Sebenarnya, jika dilihat dari beberapa poin di atas, inti dari masalah yang Anda hadapi adalah kualitas tidur yang kurang baik dan waktu tidur yang kurang. Jadi, Anda bisa mengurangi kebiasaan buruk yang telah disebutkan di atas agar dapat bangun dengan kondisi yang segar di pagi hari. (Vita)