Trik Mendapatkan Sinyal Wi-fi Sempurna

internet
unsplash.com

Hampir semua kegiatan kini menggunakan internet; dari bekerja, mengerjakan tugas sekolah, sampai mencari resep makanan sehat untuk keluarga. Pentingnya internet untuk beraktivitas membuat kejadian-kejadian seperti internet mati, router wi-fi rusak atau sinyal wi-fi yang nyala-mati bikin geregetan karena menghambat pekerjaan, bahkan merusak jadwal aktivitas kita! Gak kebayangkan, sedang serius mengerjakan tugas deadline tiba-tiba sinyal wi-fi hilang dan muncul tulisan No Internet Connection, pastinya bikin jengkel! Internet cepat dan stabil adalah keinginan dan juga kebutuhan semua orang dizaman yang serba modern seperti saat ini, tidak jarang orang rela mengeluarkan biaya transport untuk mencari café terdekat yang memiliki fasilitas wi-fi gratis dan cepat untuk mengerjakan tugas mereka.

Psst, kamu tahu tidak? Ternyata ada beberapa trik untuk mendapatkan sinyal wi-fi yang sempurna dirumah kamu, sehingga kamu tidak perlu lagi repot-repot mencari dan pergi ke café untuk sekedar mengerjakan tugas. Berikut adalah caranya:

  • Tempatkan router ditengah ruangan

Penempatan router wi-fi sangatlah krusial dalam mempengaruhi kuat dan stabilitas sinyal. Jika kamu ingin internet yang cepat dan stabil disetiap ruangan dirumah kamu, maka wajib banget untuk menempatkan router wi-fi tepat ditengah-tengah ruangan dan bangunan. Ini dilakukan supaya sinyal yang terpancar dari wi-fi dapat tersebar dengan merata, membuat setiap sudut ruangan memiliki sinyal internet yang baik.

  • Hindari meletakan router didekat benda-benda ini!

Beberapa benda dibawah ini sangat mempengaruhi kualitas sinyal wi-fi kamu. Ketiga benda tersebut bisa membuat sinyal wi-fi sulit untuk memancar lebih luas dan mempengaruhi stabilitas sinyal.

  1. Logam : Dapur adalah contoh ruangan yang tidak cocok untuk meletakan router wi-fi
  2. Beton dan Batu Bata : Benton dan batu bata memiliki sifat yang menyerap radiasi, sehingga sinyal wi-fi akan sulit menyebar jika berada didalam ruangan yang dikelilingi tembok dengan dua material ini.
  3. Microwave : Beberapa orang mendapatkan sinyal internetnya menjadi berkurang dan tidak stabil ketika menggunakan microwave. Frekuensi yang muncul akibat microwave ternyata memang mempengaruhi radiasi sinya wi-fi.
  • Posisikan antenna horizontal dan vertical

Jika kamu menginginkan sinyal wi-fi yang sempurna secara luas, maka posisi antena router harus disesuaikan. Posisi antenna yang horizontal sangat membantu memancarkan radiasi sinyal wi-fi keatas, cocok jika kamu membutuhkan sinyal wi-fi untuk lantai atas. Sedangkan arahkan antenna vertical untuk memancarkan sinyal wi-fi yang luas secara menyamping.

Nah, itu dia trik untuk mendapatkan sinyal wi-fi yang sempurna didalam rumah kamu! Semoga bermanfaat!