Tips Menyelamatkan Diri Saat Terjadi Gempa Bumi

, , Comment closed

earthquake

hoodline.com

Beberapa pekan ini, Indonesia dikabarkan kabar mengenaskan: terjadinya bencana alam gempa bumi dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah. Bencana ini mengakibatkan banyaknya korban jiwa, sekitar 832 orang dinyatakan tewas. Terjadinya bencana alam gempa bumi di Indonesia memang bukan sesuatu yang baru. Indonesia sendiri berada dilokasi tepat dimana lempeng-lempeng bumi bertemu, membuat aktivitas gunung merapi dan juga pergeseran lempeng sering terjadi. Kemungkinan seringnya peristiwa alam tersebut, ada baiknya untuk Anda mulai mempertimbangkan untuk membeli asuransi jiwa untuk bentuk antisipasi kerugian finansial dimasa depan demi kesejahteraan orang-orang yang disayang.

Dalam waktu tidak lebih dari 2 tahun ini, telah terjadi banyak peristiwa alam seperti gunung meletus dan gempa dibeberapa titik di Indonesia; seperti Gunung Sinabung (Sumatra Utara), Gunung Kidul (Yogjakarta), gempa di Pangandara (Jawa Barat), Gunung Agung (Bali), gempa di Lombok (NTT) dan kini gempa dan tsunami di Palu (Sulawesi Tengah). Penting adanya untuk Anda mengetahui tips untuk penyelamatan diri dan orang lain jika terjadi gempa bumi di wilayah Anda, seperti dibawah ini:

  1. Kenali wilayah Anda. Pastikan ada mendapatkan informasi yang akurat, apakah wilayah tempat tinggal Anda berada diwilayah rawan gempa atau tidak. Jika iya, Anda wajib lebih peka dan lebih mantap untuk antisipasi jika terjadi gempa bumi.
  2. Cari tempat berlindung. Jika Anda berada didalam gedung atau rumah ketika terjadi gempa, secepat mungkin untuk mencari tempat aman untuk berlindung seperti dibawah meja. Pastikan Anda fokus untuk melindungi kepala Anda dari reruntuhan.
  3. Hindari barang-barang berbahaya. Jangan berlindung dekat dengan benda-benda yang mudah jatuh dan pecah, seperti jendela atau vas bunga.
  4. Evakuasi. Jika getaran gempa sudah terasa lebih ringan, segera evakuasi keluar bangunan dengan menggunakan tangga darurat menuju tempat terbuka (jangan lupa untuk tetap melindungi kepala Anda).
  5. Jika ada kesempatan, matikan kran air, kompor, gas dan listrik untuk memastikan tidak ada bencana lain selain gempa.
  6. Hindari tempat-tempat ini: jembatan dan terowongan jalan raya, lereng dan jurang dipegunungan, dan dataran rendah di sekitar wilayah pantai.

Hal yang paling terpenting untuk menjaga diri Anda dari bencana alam adalah untuk tetap bersikap tenang. Kepanikan Anda bisa mengakibatkan Anda tidak dapat berpikir dengan baik, sehingga keputusan yang Anda buat dalam kondisi tersebut bisa saja menjadi masalah yang baru. Tetap tenang dan jika ada kesempatan, bantu orang-orang yang ada disekitar Anda untuk mencari tempat yang aman untuk berlindung! Semoga bermanfaat (Della)