Tips Meningkatkan Kreatifitas Didalam Ruang Meeting

, , Comment closed

meeting

Meeting Room

Ruang meeting adalah salah satu elemen yang wajib dimiliki oleh perkantoran dimanapun. Fungsi dari ruang meeting ini juga beragam, seperti untuk bertemu dengan klien, brain storming, dan atau melakukan presentasi. Berbeda dengan ruang kerja, ruang meeting memiliki suasana yang mendorong karyawan untuk lebih fokus. Terkadang kondisi ini malah membuat karyawan merasa tidak bebas dan kaku. Kreatifitas dan produktifitas karyawan bisa terpengaruh oleh hal tersebut. Anda bisa menggunakan beberapa tips dibawah ini untuk membantu Anda desain ulang ruang meeting menjadi lebih kreatif dan produktif untuk karyawan. Jika Anda menggunakan sewa ruang meeting Jakarta ada baiknya untuk memilih ruang meeting yang sudah memiliki kriteria yang cocok untuk kebutuhan karyawan Anda.

Berikut adalah tips ruang meeting yang baik:

  • Kenali Apa yang Dibutuhkan Karyawan Anda

Setiap kebutuhan membutuhkan ruangan yang berbeda juga. Kenali apa yang diperlukan oleh karyawan untuk mencapai tujuan meeting tersebut. Jenis ruangan yang tepat bisa membantu karyawan Anda menjadi lebih fokus, maka dari itu hindari untuk menggunakan satu ruangan meeting untuk semua pertemuan! Berikut adalah jenis-jenis ruangang meeting:

  1. Focus Room

Ruang fokus cocok untuk komunikasi yang lebih intim, seperti interview, conference calls, dan aktivitas kreatif yang membutuhkan  privasi.

  1. Huddle Room

Ruangan ini cocok untuk 3 sampai 4 orang untuk brain storming, video conference, atau presentasi menggunakan papan tulis.

  1. Small Meeting Room

Ruangan ini berukuran lebih kecil daripada ruangan meeting yang lainnya, cocok untuk meeting yang formal sehingga bisa lebih fokus. Digunakan khusus untu meeting yang penting-penting saja.

  1. Large Conference Room

Cocok untuk meeting dengan kapisitas orang yang banyak. Biasanya untuk meeting bersama klien atau pengunjung lainnya. Hanya bisa digunakan untuk waktu-waktu khusus saja.

  • Ukuruan, Warna, dan Furnitur Ruangan

Sesuaikan ukuran ruangan dengan kebutuhannya, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Ruangan yang dibutuhkan hanya untuk beberapa orang tidak memerlukan ruangan yang terlalu besar. Ukuran ruangan menentukan kenyaman orang-orang yang ada didalamnya juga mempengaruhi fokus tidaknya meeting.

Untuk warna, pilih warna sesuai dengan tujuan dari ruangan meeting. Hindari menggunakan warna-warna keras seperti hitam dan merah karena bisa membuat suasana menjadi tegang dan kaku. Sebaiknya gunakan warna yang netral untuk mengedepankan produktivitas namun tetap santai, atau warna-warna “ceria” untuk mendorong kreatifitas, diskusi dan kerjasama.

Selain itu pilihlah furniture yang bisa mendukung kinerja karyawan. Furnitur yang terlalu kaku bisa membuat suasana menjadi tidak nyaman. Jika furniture terlalu nyaman, seperti sofa dan bantal, bisa membuat karyawan menjadi tidak produktif. Padukan elemen-elemen furniture untuk mendapatkan suasana yang seimbang!

Itu dia hal-hal yang harus Anda perhatikan dalam ruang meeting Anda! Buat kinerja karyawan menjadi lebih produktif namun tetap nyaman sehingga kualitas pekerjaan menjadi lebih baik. Semoga bermanfaat!