Tips Mengelola Stres

, , Comment closed

Stres selalu hadir dalam kehidupan anda, baik sebagai siswa, mahasiswa maupun karyawan kantoran salah satu office tower Mega Kuningan. Berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk mengelola stress.

stress

  1. Tidur cukup

Pada umumnya, stress dapat menyebabkan insomnia, namun ada juga individu yang mengalami hypersomnia yaitu terlalu banyak tidur. Dalam membantu pengelolaan stress, Anda membutuhkan waktu tidur yang cukup, bagi orang dewasa sekitar 6-7 jam per hari. Dengan tidur, Anda akan memberikan waktu bagi pikiran Anda untuk beristirahat sehingga anda dapat kembali berpikir jernih dan merasa lebih segar keesokan harinya. Namun perlu diperhatikan juga kualitas anda ketika terlelap, karena tidur yang tidak nyenyak akan sangat berpengaruh pada suasana hati anda di pagi hari.

  1. Istirahat sejenak

Apabila kegiatan Anda di kantor membuat anda lelah fisik dan batin, berikan hadiah bagi diri Anda sendiri dan beristirahatlah sejenak. Meskipun cara beristirahat bagi setiap individu berbeda, ada baiknya jika Anda beristirahat sembari melakukan hal – hal yang anda sukai, serta kegiatan – kegiatan yang bisa memberikan ketenangan bagi pikiran Anda.

  1. Mengelola Waktu

Memiliki jadwal untuk berbagai hal dapat membantu anda mengurangi stress. Hal ini juga merupakan salah satu cara agar Anda dapat mengelola waktu dengan lebih baik. Untuk membantu menentukan jadwal dari kegiatan maupun pekerjaan anda, ada baiknya jika anda menentukan prioritas dari kegiatan dan pekerjaan tersebut terlebih dahulu.

  1. Memperhatikan makanan dan berolahraga

Makanan dan minuman yang Anda konsumsi dapat mempengaruhi suasana hati Anda. Terutama makanan dan minuman yang mengandung banyak gula dan lemak jenuh seperti fastfood. Mulailah untuk mengonsumsi makanan berserat tinggi dan usahakan untuk berolahraga secara rutin karena olahraga dapat membantu menghasilkan hormon dopamine yang memberikan rasa senang.

  1. Reach Out

Apabila Anda merasa sangat stress, ada baiknya jika anda mencari sahabat atau bantuan professional agar Anda dapat mengetahui apa yang harus dilakukan ketika stress kembali datang. Dengan mengeluarkan berbagai hal yang membuat Anda stress dapat membuat Anda merasa lega, terutama apabila anda memiliki teman yang tepat untuk berbagi masalah tersebut.

Usahakan untuk mulai mengembangkan kebiasaan – kebiasaan yang baik bagi kesehatan tubuh anda agar anda lebih tahan terhadap tekanan dan stress yang timbul dari pekerjaan atau lingkungan peker