Tips Membuat Masker Rambut Alami di Rumah

Memiliki rambut sehat dan kuat tentunya menjadi impian semua orang. Untuk mendapatkan rambut yangn sehat dan kuat ini pun diperlukan perawatan yang rutin. Tapi, jangan salah, perawatan rambut sehat ini tidak harus melulu dengan pergi ke salon dan mengeluarkan biaya yang mahal. Kita masih bisak kok mendapatkan rambut sehat dan kuat dengan melakukan perawatan sendiri di rumah.

Salah satu cara perawatan yang bisa dilakukan di rumah  adalah dengan menggunakan masker rambut buatan sendiri. Masker untuk rambut ini bisa kita buat dengan cukup mudah menggunakan bahan-bahan yang mudah juga ditemukan di supermarket atau rumah kita sendiri. Nantinya bahan-bahan masker ini bisa disesuaikan dengan jenis dan kondisi rambut kita. Langsung saja, berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan dalam membuat masker rambut di rumah, di antaranya:

Tentukan jenis/kondisi rambut kita

Sebelum mulai memilih bahan masker yang ingin dibuat, langkah pertama yang harus dilakukan adalh mengetahui jenis/kondisi rambut kita. Setiap jenis rambut tentunya memiliki ciri yang berbeda, berikut beberapa ciri-ciri yang bisa menjadi pegangan kita dalam menentukan jenis rambut:

  • Rambut normal: Tidak memiliki banyak masalah, biasanya memiliki kilau rambut yang sehat, dan tidak tidak bercabang serta mudah diatur. Biasanya rambut jenis ini tidak membutuhkan perawatan masker lagi.
  • Rambut berminyak: Mudah lepek bila tidak keramas setiap hari, tidak berkilau, dan mudah kusut seharian.
  • Rambut kering: terlihat kusam, bercabang, dan mudah patah.
  • Rambut kombinasi: Berminyak di akar rambut namun kering dan rusak di ujung-ujungnya.

Pilih bahan masker sesuai jenis rambut

Setelah mengetahui jenis rambut, langkah selajutnya adalah membuat masker dari campuran bahan yang sesuai dengan jenis rambut tadi, misalnya:

  • Rambut kering: Rambut kering terjadi karena kurangnya minyak pada kulit kepala, sehingga dibutuhkan bahan yang bisa menghasilkan minyak dan melembabkan, seperti alpukat, pisang, madu, mayonnaise, minyak zaitun, dan telur.
  • Rambut berminyak: Rambut berminyak memang paling cocok menggunakan masker rambut rumahan, karena terbebas dari bahan silicon yang bisa menyebabkan rambut berminyak, seperti yang sering ditemukan pada masker instan. Beberapa bahan masker yang cocok untuk rambut berminyak misalnya saja cuka apel, strawberry, baking soda, dan jus lemon.
  • Rambut kombinasi: Karena merupakan gabungan dari dua jenis rambut makan bahan masker yang digunakan pun perpeduan dari bahan untuk dua jenis rambut berbeda tadi, misalnya yogurt, mayonnaise dan strawberry, telur dan cuka apel, serta baking soda dan yogurt.

Penggunaan Masker

Mulailah masker rambut dengan keramas seperti biasa tapi jangan gunakan conditioner. Setelah itu peras air dari rambut dan sisir. Kemudian barulah gunakan masker dan diamkan selama 10-20 menit. Bersihkan rambut dengan menggunakan air hangat diikuti dengan air dingin (bukan air es).

Coba-coba

Rambut setiap orang sudah pasti berbeda-beda, begitu juga dengan perpaduan masker yang cocok. Untuk mengetahui mana bahan masker yang cocok dan mana yang tidak, cobalah buat kombinasi masker dari perpaduan bahan-bahan tersebut. Kemudian sesuaikan banyaknya masker yang digunakan serta waktu masker menempel di rambut sebelum di cuci, biasanya sekitar 10-20 menit.

Nah, selamat mencoba membuat masker untuk perawatan rambut di rumah sendiri!