Tips Makan Daging Kambing Tapi Terhindar Dari Kolesterol

Banyak orang yang menganggap bahwa daging kambing adalah salah satu makanan tinggi kolesterol. Sehingga menghindari makanan ini dan memilih makanan yang lebih sehat sebagai cara menurunkan kolesterol tinggi. Hal ini mungkin bukan masalah bagi Anda yang tidak begitu menyukai daging kambing. Namun bagi Anda yang menyukai makanan ini, tentu saja akan merasa sedik sekali bukan?

Sebenarnya bagi Anda pecinta daging kambing tidak perlu takut untuk mengonsumsinya meskipun memiliki riwayat kolesterol tinggi. Sebab Anda masih tetap dapat menikmati daging kambing selama memerhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Pastikan daging yang dikonsumsi adalah daging tanpa lemak. Pilihlah daging yang mengandung maksimal 10% lemak. Sebelum mengolah daging, buanglah seluruh bagian lemak yang menempel termasuk juga bagian kulitnya.
  • Konsumsilah daging murni bukan daging olahan. Meskipun mungkin sama-sama terbuat dari daging, namun produk daging olahan telah diolah sedemikian rupa sehingga tinggi lemak dan bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Beberapa contoh produk olahan yaitu sosis, daging asap, dan kornet.
  • Perhatikanlah bagaimana cara pengolahannya. Sebaiknya hindari mengolah daging dengan cara digoreng karena minyak ini akan meningkatkan kadar lemak dalam makanan. Disarankan untuk mengolah daging dengan caara memanggangnya karena makanan yang dipanggang hanya mengandung lemak setengah dari makanan yang digoreng.
  • Pastikan bahwa kadar kolesterol Anda telah stabil sebelum mengonsumsi ddaging kambing. Meskipun Anda tetap boleh mengonsumsinya, namun tetap saja makanan ini harus dihindari saat kadar kolesterol Anda sedang naik.

Selain itu, batasi juga konsumsi daging kambing dan perbanyak sayuran serta buah-buahan. Meskipun Anda sudah membuang lemak tetap saja daging mengandung lemak yang tidak baik untuk dikonsumsi secara berlebihan. Sayuran dan buah-buahan mengandung fitosterol alami yang sangat bermanfaaat untuk membantu proses penurunan kolesterol dalam darah. Selain sayur dan buah, kacang-kacangan juga bisa Anda jadikan camilan sehat untuk menjaga agar kadar kolesterol Anda tetap terjaga.

Jadi, jangan takut lagi untuk mengonsumsi daging kambing. Anda hanya perlu membatasi konsumsinya saja, bukan menghindarinya. Selamat makan