Tips Kejar Skripsi Cepat dan Halal!

, , Comment closed

graduasi

Graduasi

Menjadi mahasiswa tingkat akhir tidaklah mudah. Banyak sekali hal-hal yang harus dipilih dan diatur; mana yang menjadi prioritas dan mana yang tidak. Salah satu hal yang sering bikin mahasiswa-mahasiswa tua ini pusing adalah tugas akhir mereka, yaitu skripsi. Mungkin jika melihat secara sekilas, skripsi itu mudah. Seperti keberadaan internet untuk mencari dan mendapatkan data faktual lebih mudah sampai banyaknya tempat-tempat bekerja yang dapat mendorong produktifitas di ibukota seperti coworking space SCBD, membuat mengerjakan skripsi lebih mudah dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Kemudahan-kemudahan tersebut tentunya tidak dapat menjadi alasan-alasan yang konkrit bahwa skripsi adalah tugas yang mudah. Dilemma bekerja dan liburan juga menjadi dua alasan yang sering buat banyak mahasiswa tua memilih untuk menunda skripsi, atau bahkan memilih untuk tidak melanjutkan kuliah. Padahal sayang banget loh! Sudah tinggal sedikit lagi, malah memilih untuk mundur. Jangan sampai ini terjadi pada kamu ya!

Nih, ada cara-cara untuk kamu supaya bisa menyelesaikan tugas skripsi sampai kelar dengan cara yang halal! Yuk, disimak!

  • Fokus

Mulai skripsi kamu dengan fokus yang kuat. Pastikan bahwa kamu hanya memiliki satu tujuan, yaitu untuk lulus tepat waktu. Fokus pada hal-hal yang bisa membantu kamu menyelesaikan tugas-tugas akhir tersebut, jangan sampai hal-hal kecil dan tidak penting menghambat kamu untuk cepat lulus. Hindari melalukan aktivitas-aktivitas yang tidak memiliki kontribusi pada skripsi kamu!

  • Buat Jadwal

Setelah fokus, buatlah jadwal untuk membantu kamu keep on track. Buat prediksi dan ekspetasi kapan kamu akan menyelesaikan bab yang satu dan bab yang lainnya. Buat goals tanggal diri kamu akan siding dan juga wisuda. Memang terkesan terlalu ambisius, namun hal ini bisa mendorong kamu menjadi lebih semangat dalam mengerjakan skripsi. Ingat ya, jadwal ini hanyalah rencana, bukan sebuah patokan yang wajib kamu selesaikan. Setiap orang memiliki kemampuan dan kecepatan yang berbeda-beda, maka dari itu pastikan jadwal yang sudah kamu buat sesuai dengan kemampuan kamu!

  • Rajin Konsultasi

Mengerjakan skripsi tidak bisa kamu lakukan seorang diri, kamu memerlukan bimbingan dan konsultasi dari dosen pembimbing kamu. Jangan sampai karena kamu sudah fokus dan ambisius kamu lupa untuk berkontak dengan dosen, bisa-bisa ketika sudah hampir selesai ternyata kamu baru sadar bahwa ada kesalahan kecil yang baru terlihat setelah konsultasi. Sayang banget kan, waktu kamu habis sia-sia karena kamu terlalu terburu-buru. Lagi pula, dengan sering-sering konsultasi, dosen pembimbing kamu akan lebih mudah mengerti kamu dan ada kemungkinan besar dosen tersebut akan membantu kamu untuk mengerjakan skripsi lebih mudah!

  • Jangan Lupa Istirahat

Kerja cepat dan akurat kadang membuat kita lupa diri sama kesehatan. Padahal kesehatan adalah hal yang sangat penting loh! Jika kamu drop, maka kamu akan sulit untuk berkonsentrasi dalam mengerjakan tugas skripsi kamu. Malah-malah skripsi kamu jadi susah kelar. Jangan lupa jaga kesehatan ya!

Ingat, dimasa-masa ini tidak ada satupun yang bisa membantu kamu menyelesaikan tugas skripsi melainkan diri kamu sendiri. Bangun niat sebesar-besarnya supaya bisa cepat lulus kuliah cepat waktu memang terasa sangat sulit, namun dengan kegigihan dan semangat yang tinggi dijamin kamu pasti bisa!