Tips Hindari Kemacetan Ibukota

, , Comment closed

traffic

Kemacetan Ibukota

Tinggal di ibukota memang menyenangkan. Kamu tidak perlu repot-repot lagi karena hampir semua kebutuhan ada disini. Namun, lengkapnya fasilitas yang ada di Jakarta membuat penghuni dan aktivitas ekonominya terus bertambah setiap tahunnya. Hal ini mempengaruhi padatnya jalan raya yang ada di ibukota. Bahkan jalanan tol atau jalan bebas hambatan kini sering terjadi hambatan (kata lainnya macet) karena terlalu padat. Jalanan sering dipenuhi kendaraan-kendaraan pribadi juga kendaraan-kendaraan bagian dari ekonomi seperi truk logistik, membuat sulit rasanya untuk mencari jalanan yang bebas macet.

Macetnya jalanan ini jelas mempengaruhi kehidupan kita. Banyak waktu yang habis hanya karena terjebak dijalanan. Jelas ini sangat merugikan. Nah, dibawah ini ada beberapa tips untuk kamu ketahui menghindari kemacetan ibukota! Yuk disimak!

  • Datang lebih pagi, pulang lebih malam

Kedengarannya sangat menyusahkan, namu trik satu ini sangat efektif loh! Biasakan diri kamu dengan datang lebih pagi untuk menghindari jalanan macet. Kamu bisa datang ke tempat tujuan lebih awal. Jika kamu ke kantor, kamu bisa menggunakan waktu lebih ini untuk beristirahat atau mengerjakan tugas-tugas yang tertinggal atau bahkan menyelesaikan tugas lebih cepat, bikin kamu juga lebih cepat untuk pulang! Jika kamu bisa pulang cepat dari jam pulang kerja pada umumnya, kamu bisa menghindari kemacetan. Namun jika tidak bisa, ada baiknya kamu untuk pulang lebih malam. Gunakan kesempatan ini untuk mengejar deadline pekerjaan atau untuk berkumpul bersama teman atau bahkan untuk olahraga! Kamu menjadi punya kesempatan untuk menyeimbangkan gaya hidup kamu dengan waktu lebih ini!

  • Kenali daerah, cari jalan-jalan pintas

Jakarta itu luar biasa luasnya. Kenali daerah-daerah sekitar kamu dengan berkeliling sendiri atau bertanya-tanya dengan orang sekitar yang lebih tahu tentang daerah kamu! Ini bisa saja memberikan kamu pilihan-pilihan baru jalanan yang bisa kamu pakai untuk menghindari macet. Jakarta banyak sekali dengan gang-gang kecil yang bisa kamu gunakan dengan kendaraan kamu, membuat kamu sampai tempat tujuan tepat waktu dan menghindari kemacetan yang tiada habisnya.

  • Pastikan untuk mengikuti rambu-rambu yang ada

Satu hal yang penting adalah untuk tetap disiplin ketika menggunakan jalan raya. Ikuti segala aturan dan rambu-rambu yang ada. Hal ini bisa membantu kamu menghindari kena tilang atau kecelakaan yang memakan waktu kamu lama atau bahkan merugikan untuk orang lain!

Dari tiga trik diatas, ada satu trik yang lebih ampuh! Yaitu dengan naik kendaraan umum! Tidak menggunakan kendaraan pribadi bisa membantu mengurangi jumlah kendaraan yang ada dijalan raya, dan pastinya kamu juga tidak akan terkena macet lagi! Semoga bermanfaat! (Della)