Tips Dapat Harga Tiket Kereta Api Lebih Murah

, , Comment closed

Anda sering bepergian menggunakan kereta api? Pastinya ingin selalu mendapatkan harga tiket yang lebih terjangkau, bukan? Meskipun bisa dibilang PT KAI jarang mengadakan promo harga murah. Namun kalau Anda cermat tetap saja ada peluang untuk mendapatkan harga tiket kereta api yang lebih murah. Bagaimana caranya, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

Pesan Tiket Melalui Situs Booking Online

Pemesanan tiket secara online semakin menjadi pilihan utama. Oleh karena lebih praktis, cepat, dan lebih hemat. Untuk pemesanannya tidak hanya bisa diakses melalui komputer atau laptop saja, tapi juga bisa melalui smartphone. Saat ini sudah banyak agen resmi penjualan tiket kereta api, jadi bisa dijadikan alternatif pemesanan tiket selain melalui website PT KAI (Kereta Api Indonesia).

Tips Dapat Harga Tiket Kereta Api Lebih Murah

Jadi Anda bisa memesan tiketnya melalui berbagai situs booking tiket online, marketplace (pasar online), dan situs biro perjalanan. Keuntungan membeli tiket pada berbagai situs tersebut adalah Anda berpeluang mendapatkan potongan harga, cashback, dan sebagainya. Sangat tergantung dari program promo yang tengah diselenggarakan.

Cara pemesanan tiket tersebut juga memberikan kemudahan dalam memilih tanggal keberangkatan, kereta api, nomor gerbong, dan nomor tempat duduk yang diinginkan. Semua pilihan berlangsung secara real time, sehingga memastikan setiap tiket yang ditawarkan memang belum terjual. Hal serupa juga bisa dinikmati kala melakukan pemesanan langsung di situs resmi PT KAI.

Pesan Tiket Melalui Merchant Offline

Selain bisa dipesan secara online, Anda juga bisa melakukan pemesanan tiket kereta api di merchant yang sudah bekerjasama dengan PT KAI. Biasanya merchant tersebut berbentuk supermarket, minimarket, biro perjalanan wisata, dan sebagainya. Sama halnya ketika Anda memesan di website booking online, kesempatan mendapatkan harga yang lebih murah pun bisa didapatkan.

Keuntungan seperti diskon harga dan hadiah produk tertentu bisa saja didapatkan. Saat memesan di merchant offline bahkan Anda akan dipandu atau dilayani secara khusus oleh kasirnya. Sehingga risiko kesalahan dalam input data bisa dicegah. Pastikan juga Anda sudah menyiapkan seluruh data identitas pribadi dari setiap nama yang akan dicantumkan pada tiketnya. Sehingga proses pemesanan tiketnya bisa berlangsung lebih cepat dan lancar.

Manfaatkan Program Promo Dari PT KAI

Pada momen khusus PT KAI semakin sering memberikan tiket promo. Sehingga harganya bisa jauh lebih murah dibandingkan dengan harga aslinya. Kesempatan itu bisa diberikan dalam perayaan khusus, seperti HUT Republik Indonesia. Tarif flat adalah salah satu promo yang diberikan bagi tiket kereta api jarak jauh. Tentunya promo tersebut sangat menguntungkan. Oleh karena Anda bisa memperoleh harga tiket yang semakin murah.

Manfaatkan Program Prom dari PT KAI

Agar bisa menikmati tiket dengan harga promo tersebut pun tidak sulit. Anda tidak harus mendatangi loket di stasiun keberangkatan. Karena setiap orang bisa memesan tiketnya melalui situs resmi dan aplikasi PT KAI, situs booking online, berbagai merchant offline dan sebagainya. Supaya tidak sampai kehabisan tiketnya, maka jangan sampai terlambat saat memesannya.

Ikuti Promo Aplikasi KAI Access

Cara lain agar Anda bisa mendapatkan harga tiket yang semakin terjangkau adalah dengan menginstal aplikasi kereta api indonesia acces (KAI Access). Aplikasi ini resmi diluncurkan oleh PT KAI, sebagai saluran pelayanan prima kepada para pelanggan setianya. Dengan begitu, setiap orang semakin mudah dalam memesan dan membayar tiket yang diinginkannya.

Jadi segera pasang aplikasinya, sehingga Anda bisa berburu beragam tiket promo. Jutaan orang sudah mengunduh dan memasang aplikasi tersebut. Sebagai bukti kalau pelayanan PT KAI yang semakin prima. Anda memiliki kesempatan emas untuk mendapatkan berbagai harga tiket murah melalui aplikasi ini. Jadi terus ikuti update informasi terbarunya. Supaya Anda tidak pernah melewatkan setiap program promo yang digelar.

Berburu Tiket Murah Melalui Situs PT KAI

Anda bisa mengakses situs resmi PT KAI untuk mendapatkan tiket dengan harga paling murah. Oleh karena meskipun berada di kereta dan kelas yang sama, tapi harganya bisa saja berbeda. Selisihnya bisa mencapai puluhan ribu rupiah. Tentunya agar bisa mendapatkan harga paling murah itu, Anda harus memesannya jauh-jauh hari. Untuk memastikan pilihan harga termurahnya masih tersedia.

Agar bisa mendapatkan informasi tersebut silahkan Anda melakukan pencarian sesuai dengan stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan. Sesudah itu, akan tampil pilihan berbagai nama kereta api, kelas layanan, jam keberangkatan, estimasi waktu perjalanan, jam tiba di stasiun tujuan, dan pilihan harganya.

Pada website ini bisa saja mencantumkan tiga harga berbeda, meskipun untuk nama kereta, kelas dan jam keberangkatan yang sama. Nah, kalau di samping kanan masih terdapat tulisan “booking” sebagai tanda kalau tiketnya masih tersedia. Tetapi kalau tombol pemesanan bertuliskan “habis”, berarti Anda tidak bisa mendapatkan tiketnya.

Bayar Pesanan Tiket dengan Kartu Kredit

Bank yang meluncurkan kartu kredit selalu memberikan keuntungan kepada para nasabahnya. Salah satunya dengan memberikan harga khusus. Sehingga Anda pun berpeluang mendapatkan harga tiket kereta api yang semakin murah. Selain mendapatkan harga istimewa, tentunya Anda juga lebih ringan dalam pembayarannya. Oleh karena bisa diangsur atau ditunda pembayarannya untuk beberapa waktu.

Promo tiket kereta api murah ini biasanya bisa didapatkan, saat Anda menggunakannya sebagai metode pembayaran kala memesan tiket melalui situs booking online, marketplace dan sebagainya. Jadi ikuti beragam informasinya agar bisa mendapatkan harga tiket terjangkau sesuai keinginan.

Pilih Tiket Kereta Api Kelas Ekonomi

Sekarang ini pelayanan di stasiun dan di dalam kereta api semakin baik. Dulunya kalau kereta kelas ekonomi terkesan dengan penumpang yang berjejalan, toilet berbau tidak sedap serta tidak ada airnya, banyak penjual asongan, pengamen, pengemis, suasana panas, kondisi kotor dan sebagainya.

Kini semuanya sudah berubah, karena naik kereta api kelas ekonomi juga sangat nyaman. Kebersihan sangat terjaga, toilet bersih, tersedia kipas angin atau pendingin udara yang selalu beroperasi, tidak ada lagi pedagang asongan, pengamen dan sebagainya. Sehingga suasananya semakin nyaman, dan minim tindakan kriminalitas. Sebab tidak ada penumpang gelap di dalam kereta api.

Penumpang kereta kelas ekonomi juga memiliki bangku tersendiri. Jadi memastikan setiap penumpang bisa duduk. Jadi seakan Anda naik kereta api dengan kelas lebih tinggi, seperti kelas bisnis atau kelas eksekutif. Agar tidak salah tempat pastikan Anda memahami nama kereta api, nomor gerbong dan nomor bangkunya, supaya tidak menempati milik orang lain.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda tempuh bila ingin mendapatkan harga tiket kereta api yang semakin terjangkau. Semua cara tersebut bisa dilakukan sampai mengantongi tiket yang diinginkan. Jumlah kursi kereta api yang terbatas memang seringkali sulit mendapatkan tiketnya. Khususnya saat peak atau high season, seperti libur panjang, akhir pekan, lebaran, dan sebagainya. Jadi rencanakan perjalanan lebih awal, agar tidak kehabisan tiket.