Tips dan Informasi Penting Asuransi Properti

Rumah yang kita tinggali sudah selayaknya juga mendapatkan perlindungan. Perlindungan ini bisa dilakukan dengan menggunakan asuransi rumah atau properti. Asuransi properti ini tidak hanya melindungi fisik rumah kita tapi juga isi di dalamnya. Nah, sebelum mulai memilih asuransi untuk rumah ini, ada beberapa tips dan  informasi asuransi rumah yang perlu kita ketahui sebelumnya, di antaranya:

Pahami jenis asuransi yang ada

Sebelum mulai memilih asuransi, pertama kita harus tahu dulu jenis-jenis asuransi properti yang ada di pasaran. Asuransi rumah ini terbagai lagi menjadi beberapa jenis, misalnya saja asuransi kebakaran, asuransi pencurian dan kebongkaran, serta asuransi lengkap yang meng-cover segala jenis resiko.

Pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan

Seperti asuransi kebanyakan, semakin besar perlindungan yang kita dapatkan semakin besar pula premi yang harus kita bayar. Pastinya kita ingin mendapatkan perlindungan paling lengkap untuk rumah kita. Namun, jangan sampai ini nantinya membebankan kita. Sebaiknya pilihlah paket asuransi yang sesuai dengan kemampuan ekonomi kita. Bila kita memiliki dana lebih maka boleh-boleh saja mengambil paket tertinggi  yang ditawarkan. Bila tidak maka sebaiknya pilihlah perlindungan yang benar-benar dibutuhkan oleh kita. Misalnya saja rumah kita terletak di daerah yang rawan banjir maka pilihlah paket asuransi yang memasukkan perlindungan terhadap resiko banjir di dalamnya.

Lakukan perbandingan

Di Indonesia saat ini sudah banyak perusahaan asuransi yang menawarkan paket asuransi propertinya dengan berbagai fitur yang menarik. Nah, sebelum memilih yang terbaik lakukanlah perbandingan antara semua jenis asuransi yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan asuransi. Perbandingan ini bisa juga kita lakukan secara online.

Perhatikan isi kontrak asuransi

Setiap jenis asuransi memiliki pengecualian dalam aturannya. Biasanya asuransi ini tidak akan mengcover semua jenis resiko atau kerugian yang terjadi pada rumah. Misalnya perusahaan asuransi tidak akan menutupi kerugian atau kerusakan yang terjadi karena kesengajaan atau beberapa bencana alam, seperti tanah longsor. Karena itu, sebelum menentukan pilihan jangan lupa untuk melihat dan memastikan pengecualian yang di dalam kontrak tersebut. Jangan sampai kontrak tersebut malah akan merugikan kita.

Pilih asuransi dengan proses klaim yang mudah

Pelajarilah prosedur klaim asuransi tersebut. Pastikan bahwa klaim asuransinya mudah dan tidak ribet.

Pastikan reputasi perusahaan

Cari tahulah reputasi perusahaan asuransi ini. Pastikan reputasinya bagus dan tidak memiliki masalah.

Semoga tips tadi membantu.