Tips Aman Beli Properti secara Online

, , Comment closed

Perkembangan teknologi saat ini juga memberikan kontribusi bagi sektor jual beli properti Indonesia. Salah satunya adalah teknologi internet yang memungkinkan kita untuk memilih dan membeli properti, mulai dari rumah hingga ruko di depan laptop atau gadget lainnya. Ya, saat ini sudah banyak website serta aplikasi pada smartphone yang memudahkan kita untuk melihat-lihat sekaligus membandingkan list-list properti yang di jual di daerah yang diinginkan.

Meski memang memudahkan, namun memilih dan membeli properti secara online ini tentunya membutuhkan tingkat kehati-hatian yang tinggi. Karena bukan tidak mungkin apa yang terpampang di dalam website tersebut tidak sama dengan kondisi properti sebenarnya. Kalau sudah begitu, tentunya kita akan sangat merugi. Nah, untuk menghindari hal-hal seperti itu, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membantu pemilihan dan pembelian properti secara online agar lebih aman dan terjamin, di antaranya:

Cek lokasi langsung

Jangan langsung percaya dengan gambar dan keterangan yang terpampang di dalam website. Selalu mintalah untuk bisa melakukan pengecekan langsung ke lokasi properti. Meski situs tersebut telah terpercaya, namun tetap akan lebih baik untuk menemui langsung agen propertinya sekaligus melihat langsung kondisi properti yang dijual. Dari kunjungan ke lokasi langsung ini kita bisa melihat detail dari properti yang ingin dibeli, misalnya saja:

  1. Kondisi fisik properti,
  2. Lingkungan tetangga/sosial,
  3. Fasilitas yang ada di lokasi perumahan,
  4. Kemudahan akses menuju lokasi.

Jangan mudah memberikan informasi pribadi

Meski listing properti tersebut terlihat menjanjikan dan menarik, namun jangan sekali-kali memberikan informasi pribadi kita, seperti nomor kartu kredit, identitas pribadi, dan nomor rekening kepada agen tersebut.

Pastikan identitas agen dan perusahaan developer properti

Dengan melakukan pencarian sederhana saja kita bisa memastikan apakah agen dan perusahaan properti atau agen developer yang memasang iklan di website properti tersebut merupakan agen dan perusahaan developer yang resmi dan terpercaya.

Hati-hati terhadap iklan properti yang di posting berkali-kali

Iklan atau listing properti yang diposting berkali-kali merupakan salah satu ciri penipuan yang dilakukan oleh agen properti palsu. Mereka biasanya akan mengkopi iklan properti asli yang sudah ada sebelumnya dan mempostingnya kembali dengan mengganti kontak yang ada. Jadi, sebaiknya waspadalah bila menemukan iklan properti yang sama namun dengan harga dan kontak yang berbeda-beda.