Tata Cara Mengklaim Asuransi Secara Umum

, , Comment closed

Bagi anda yang telah memiliki asuransi, mungkin banyak yang sudah paham mengenai cara mengklaim nilai premi asuransi anda. Namun masih ada yang belum memahami cara klaim asuransi secara benar sehingga merasa bahwa klaim asuransi dipersulit atau susah untuk di dapatkan. Padahal, setiap perusahaan dan tipe asuransi memiliki cara klaim yang berbeda, berikut adalah tata cara pengklaiman nilai premi asuransi anda secara umum.

  1. Kumpulkanlah data dan dokumen pendukung seperti surat kematian apabila yang tertanggung telah meninggal, surat – surat kesehatan untuk asuransi kesehatan, dan lainnya yang berhubungan dengan asuransi yang anda gunakan serta kejadian yang terjadi, yang membutuhkan klaim insuranceasuransi tersebut.
  2. Berikan laporan kepada perusahaan asuransi yang anda gunakan, baik secara lisan melalui telepon ke customer service, melalui email, atau melalui media lain yang telah disediakan oleh perusahaan tersebut. Perlu diingat bahwa beberapa asuransi, seperti halnya asuransi mobil, memiliki jangka waktu dalam pelaporan. Pada umumnya, anda harus melaporkan besar kerugian dalam waktu 3 x24 jam.
  3. Berikan laporan tertulis atau laporan pengajuan klaim yang disertai dengan data dan dokumen pendukung untuk pencairan klaim asuransi anda dan bawalah surat – surat tersebut ke kantor perusahaan asuransi yang anda gunakan.
  4. Pada umumnya, untuk langkah berikutnya disesuaikan dengan masing – masing perusahaan asuransi dan biasanya proses berikutnya berbeda – beda sesuai dengan kebijakan yang berlaku di perusahaan tersebut. Ada baiknya bila anda dengan seksama memperhatikan surat – surat dan berkas yang perlu anda isi dengan sebaik – baiknya agar dapat mempermudah kedua belah pihak.
  5. Setelah laporan anda diterima, akan diadakan diskusi dan musyawarah negosiasi klaim yang anda ajukan. Apabila nilai ganti rugi klaim telah disetujui maka anda hanya perlu menunggu pencarian atau pembayaran klaim anda.

Perlu diperhatikan kembali bahwa setiap jenis asuransi pada umumnya memiliki tata cara yang berbeda-beda pula, tergantung dari jenisnya juga kebijakan yang berlaku di perusahaan asuransi yang anda gunakan. Misalnya jika Anda ingin membeli asuransi pendidikan anak pastikan dulu beberapa hal, terutama cara klaim. Pokoknya apa pun jenis asuransinya, cari tahu secara detail sejak awal agar tidak terjadi kesalahpahaman nantinya.