Tak Perlu ke Dokter, Ini Dia 5 Cara Alami Mengatasi Perut Kembung

, , Comment closed

Perut kembung sepertinya bukan masalah yang jarang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Terutama bagi Anda yang jarang melakukan olahraga dan duduk terlalu sering. Pasalnya, pembuangan gas akan berjalan lebih lancar jika Anda rutin melakukan olahraga. Selain itu, Anda bisa mengatasi perut kembung dengan mengonsumsi obat herbal gangguan pencernaan seperti kunyit.

Selain berolahraga dan mengonsumsi obat herbal, masih ada cara alami lainnya yang dapat mengatasi perut kembung. Untuk tahu

perut kembung

selengkapnya, yuk baca terus artikel ini!

  1. Konsumsi Jahe

Sudah bukan rahasia lagi kalau jahe dapat mengahangatkan perut. Salah satu tumbuhan herbal ini ampuh digunakan untuk mengeluarkan gas dalam perut dan melancarkan pencernaan. Anda bisa mengonsumsi minuman jahe panas, atau menambahkan jahe pada makanan Anda.

  1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Apakah Anda telah mengonsumsi air putih secara rutin? Kalau belum, sebaiknya Anda tambahkan dan mulai konsumsi air putih mulai dari sekarang. Air putih dapat membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh termasuk angin. Begitu pula saat kekurangan cairan, tubuh akan menahan air sehingga perut akan teras penuh.

  1. Jeruk Nipis Hangat

Selain jahe, jeruk nipis hangat juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi perut yang kembung. Ingat, sebaiknya konsumsi jeruk nipis dengan air hangat, bukan air dingin, agar lebih efektif mengatasi perut kembung.

  1. Kurangi Konsumsi Susu

Sayangnya untuk Anda yang menyukai minuman atau makanan yang mengandung susu, harus mengurangi konsumsinya agar perut tidak kembung. Susu mengandung laktosa ang dapat menyebabkan kembung bagi beberapa orang. Untuk penggantinya, Anda bisa mengonsumsi yoghurt yang mengandung laktosa lebih rendah.

  1. Atur Pola Makan

Untuk Anda yang sering merasa kembung, jangan makan terlalu banyak dalam satu waktu. Makanlah dalam porsi yang kecil dan kunyah secara perlahan untuk mengindari kembung. Makan yang terlalu banyak dan cepat akan meningkatkan kemungkinan perut kembung.

Adakah di antara 5 hal di atas yang sering belum Anda lakukan? Mulai dari sekarang, coba perhatikan tips di atas agar perut tidak mudah kembung. Semoga bermanfaat! (Rima)