Tak Disangka, Jinten Hitam Punya 5 Manfaat Ini Bagi Kesehatan

Saat pergi ke apotek atau melewati toko obat, mungkin Anda sering melihat ekstrak jinten hitam atau habbatusauda. Ya, sekarang jinten hitam sudah tidak asing lagi dikonsumsi masyarakat. Nah buat Anda yang penasaran apa saja manfaat jintan hitam bagi kesehatan. Anda bisa langsung baca penjelasan di bawah ini. (sc:manfaat.co.id)

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Buat Anda yang memiliki segudang aktivitas mulai dari pagi hingga malam, tentunya Anda perlu suplemen khusus yang dapat

menjaga kekebalan tubuh. Salah satu yang sangat direkomendasikan adalah ekstrak jinten hitam. Direktur Institut Imunologi di Universtas Munich menyatakan bahwa jinten hitam dapat digunakan sebagai bioregulator.

Berarti, jinten hitam dapat meningkatkan pertumbuhan sel-sel yang menjaga kekebalan tubuh. Hal ini bermanfaat untuk melawan berbagai penyakit, termasuk gejala kanker.

  1. Detoksifikasi

Selain meningkatkan sistem imun, jinten hitam juga mengandung saponin yang bermanfaat untuk menetralisir racun yang ada di dalam organ tubuh seperti paru-paru dan hati. Sehingga, kinerja organ-organ tubuh pun dapat lebih maksimal.

  1. Menjaga Saluran Pencernaan

Nah buat Anda yang sering mengalami gangguan pencernaan, Anda bisa memanfaatkan jinten hitam. Menurut penelitian jurnal Farmasi Pakistan menunjukan bahwa kandungan volatil dalam jinten hitam dapat membunuh bakteri dalam saluran pencernaan seperti strainbakteri V Colera dan E Coli.

  1. Meningkatkan Konstentrasi

Sering tidak fokus dalam bekerja? Mungkin peredaran darah ke otak Anda kurang lancar. Hebatnya, omega 6 dan omega 3 yang dimiliki oleh jinten hitam bisa mengatasi masalah ini karena kandungan tersebut dapat melancarkan peredaran darah ke otak. Selain meningkatkan konsentrasi, jinten hitam juga bisa meningkatkan kecerdasan lho.

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kegiatan yang padat dan gaya hidup yang kurang sehat menjadi salah satu faktor penyebab darah tinggi. Untungnya dengan mengonsumsi ekstrak jinten hitam, Anda bisa mengatasi hal ini. Cobalah konsumsi ekstrak jinten hitam dua kali sehari agar tekanan darah tidak terlalu tinggi.

Ternyata besar bukan manfaat jinten hitam ini bagi kesehatan? Coba konsumsi secara rutin untuk kondisi tubuh yang lebih sehat. (Rima)