Siapa Sangka Bule Juga Jago Jadi Pencopet!

, , Comment closed

kriminal

unsplash.com

Sulit rasanya bisa melanjutkan liburan dan jalan-jalan dengan nyaman dan tenang jika Anda tahu bahwa Anda sedang berada ditengah-tengah kota yang penuh dengan kriminal. Apalagi jika Anda sudah terlanjur menjadi korbannya, rasanya ingin pulang saja! Siapa sangka rasa takut ini tidak hanya muncul ketika Anda berjalan-jalan didaerah pinggiran, namun juga di perkotaan besar atau bahkan tempat wisata populer. Contoh yang sering muncul dihalaman berita adalah pencopetan ditengah kota besar New York, Amerika Serikat dan tempat wisata populer Menara Eiffel, Perancis. Siapa yang sangka bule-bule disana sangat mahir sekali dalam copet-mencopet. Bagi Anda yang ingin pergi keluar negeri, jangan lupa untuk mempersiapkan asuransi perjalanan luar negeri sebelum berpergian, untuk menghindari kerugian-kerugian finansial terutama ketika menjadi korban pencopetan.

Kedua contoh tempat yang disebutkan memiliki kesamaan, yaitu keduanya sama-sama ramai! Hampir setiap tahun dua tempat tersebut dikunjungi turis-turis, entah dalam kota atau luar negeri. Keramaian inilah yang menjadi pintu kesempatan untuk para pencopet melakukan aksinya. Supaya Anda bisa menghindari menjadi korban pencopetan, ada baiknya Anda untuk mengetahui beberapa taktik yang sering digunakan pencopet bule ini didalam aksinya, yuk disimak!

  • Pura-pura minta tolong

Ini adalah salah satu cara yang sering digunakan para pencopet karena cara ini juga yang memperlihatkan sisi kemanusiaan dan kebaikan Anda. Rasanya sulit untuk menolak untuk membantu orang yang kesusahan, namun hal ini juga merupakan kesempatan para pencopet untuk merugikan Anda. Dengan meminta bantuan mengambil barang yang jatuh, meminta tanda tangan untuk petisi atau hanya sekedar menanyakan waktu, bisa dijadikan kesempatan emas untuk mengambil barang-barang berharga Anda. Ada baiknya untuk Anda lebih berhati-hati sebelum membantu orang tidak dikenal didaerah yang asing dan ramai. Kadang berkata “tidak” bisa menjadi penolong Anda dihari itu.

  • Bump and dip

Terdengar seperti tarian, namun bump and dip adalah salah satu istilah yang digunakan untuk menyatakan aksi pencopetan. Bump atau menyenggol dilakukan pelaku untuk menghilangkan fokus kita pada lingkungan sekitar, dan dip adalah tangan pencopet yang meraih barang dengan memasukan tangan kedalam tas atau kantung baju. Trik ini adalah trik yang paling simple dan juga mudah dilakukan terutama ketika Anda berada ditempat yang sangat padat dengan orang-orang. Jangan ragu untuk lebih berhati-hati dalam menjaga barang-barang Anda, seperti contohnya untuk menyimpan beberapa barang berharga ditempat-tempat yang tidak biasa (contoh : uang didalam kaos kaki).

  • Penampilan Jalanan

Didaerah New York dan Menara Eiffel, banyak sekali penampilan-penampilan dari warga lokal untuk menghibur turis-turis yang datang. Penampilan dari bermain alat musik, menyanyi, menari, melukis bahkan bermain sulap bisa Anda temukan dijalan-jalan pinggiran. Namun siapa sangka, penampilan indah tersebut tidak jarang dijadikan kesempatan para pencopet untuk mengambil barang-barang berharga. Fokus Anda yang sedang tertuju pada penampilan membuat Anda tidak menyadari bahwa barang Anda sedang diambil dan hilang begitu saja.

Nah, itu adalah 3 taktik yang sering digunakan pencopet luar negeri untuk merugikan Anda. Cobalah untuk lebih waspada dengan barang-barang Anda dan tetap enjoy your moment saat berlibur! Semoga bermanfaat!