Sertifikat Lahan Parkir Jika Punya Mobil di Jepang!

, , Comment closed

Kalau kamu tinggal di apartemen atau kompleks perumahan yang punya lahan parkir tersendiri, pernah nggak sih mengalami ‘kehabisan lahan parkir’ karena ada pengguna lain yang memarkir kendaraannya lebih dari satu? Rasanya kesal sekali, ya. Sebab kamu juga penghuni di tempat tersebut dan kamu punya hak untuk memarkirkan kendaraanmu di sana. Kamu sudah membayar uang parkir selama sebulan, mengeluarkan uang untuk asuransi mobil, masa iya kamu harus memarkirkan kendaraan di sembarang tempat karena tidak adanya lahan parkir?

Well, permasalahan seperti ini memang banyak terjadi di kota-kota besar, terutama di Jakarta. Masalah lahan parkir menjadi satu hal yang sangat krusial. Akan tetapi, Jepang sebagai salah satu negara maju, punya cara untuk mengatasinya. Hmm, seperti apa ya?

Kamu tahu dong kalau di Jepang semuanya serba teratur? Bahkan untuk masalah sesederhana parkir saja diatur! Yap, di Jepang, pemilik mobil harus memiliki sertifikat lahan parkir atau akses ke tempat parkir terdekat. Sertifikat lahan parkir atau yang dikenal juga sebagai shako shomei sho menjadi bukti bahwa pemilik mobil sudah memiliki lahan untuk memarkirkan kendaraan mereka. Jika tidak memiliki kertas ini, maka pemilik harus berhadapan dengan urusan administrasi yang sangat ribet. Tidak bisa sembarangan parkir di mana pun karena bisa saja lahan tersebut sudah dimiliki oleh orang lain.

Lantas bagaimana jika pemilik mobil pindah rumah? Apakah sertifikat lahan parkirnya masih berlaku? Jawabannya adalah ya, asalkan pemiliknya mau mendaftarkan ulang mobil mereka untuk mengganti lokasi lahan parkir.

Aturan ini memang cukup merepotkan, tetapi juga cukup efektif. Pemerintah menerapkan aturan ini agar tidak ada lagi pemilik mobil yang mengeluh karena kehabiskan lahan parkir. Dengan adanya sertifikat seperti ini, hak semua pemilik mobil bisa tercapai. Konon, aturan seperti ini sudah ada sejak tahun 1962 lho. Aturan ini pun diterapkan secara ketat di kota-kota besar.

Hasilnya tentu sudah bisa dilihat. Tidak ada lagi deh pengguna yang mengeluh karena mereka tidak bisa parkir. Semua pemilik mobil sudah tahu di mana mereka harus memarkirkan kendaraan mereka.