Rawat Rem Dengan Benar Agar Selamat Berkendara

, , Comment closed

Semua komponen yang ada pada mobil pada dasarnya saling berhubungan dan berkaitan dengan keselamatan berkendara. Meskipun mobil Anda sudah dilindungi oleh asuransi mobil, tentunya Anda tetap tidak mau dong mengalami musibah akibat adanya masalah pada salah satu komponen mobil. Itulah alasannya mengapa menjaga agar semua komponen dapat bekerja dengan baik dan optimal adalah hal wajib yang harus Anda lakukan, khususnya untuk komponen yang berkaitan dengan rem mobil.
Yap, rem mobil menjadi salah satu penyebab banyaknya kecelakaan yang terjadi di jalan raya. Rem mobil yang tidak berfungsi dengan baik, akan membuat pengendara tidak bisa melakukan tindakan cepat saat terjadi sesuatu di luar dugaan. Misalnya ketika mobil di depan Anda berhenti mendadak, Anda tidak akan bisa menghentikan laju kendaraan dengan cepat jika rem tidak bekerja dengan normal. Akibatnya kecelakaanpun tak terhindarkan.
Agar rem dapat selalu bekerja dengan normal, Anda harus memperhatikan perawatannya, dengan melakukan beberapa cara berikut ini:

• Periksa minyak rem
Dalam kondisi normal, minyak rem tidak akan berkurang secara cepat. Selain itu, penggantian minyak rem yang disarankan juga ketika mobil sudah menempuh perjalanan sekitar 20.000 km. Namun demi keamanan dan kenyamanan Anda berkendara, akan lebih baik jika melakukan pengecekan ini setiap kali akan berkendara, khususnya jika Anda akan menempuh perjalanan jauh. Pastikan bahwa jumlah minyak rem masih berada di antara batas atas dan bawah. Selain itu, periksa juga kekentalan minyak rem untuk memastikan bahwa minyak rem ini dapat bekerja dengan baik.

• Periksa kanvas rem
Kondisi kanvas rem yang sudah terlalu tipis atau kotor akan membuat rem tidak bekerja secara optimal. Untuk itulah wajib bagi Anda memeriksa kondisi kanvas rem setidaknya beberapa minggu sekali, atau ketika Anda merasakan adanya ketidakberesan pada proses pengereman. Di sarankan untuk melakukan penggantian kanvas rem jika masa pemakaiannya sudah mencapai 20%.

• Gunakan komponen rem asli
Semua komponen mobil pasti ada saatnya membutuhkan penggantian. Sebaiknya, hanya gunakan komponen rem asli saja yang kualitasnya sudah terjamin untuk memastikan komponen ini bekerja dengan optimal. Memilih untuk menggunakan komponen KW akan berisiko membuat kinerjanya tidak optimal dan bisa berbahaya.

• Service rem mobil secara berkala
Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah, namun ada juga beberapa hal yang tidak bisa Anda lakukan sendiri terkait pengecekan rem ini. Untuk itulah, penting bagi Anda untuk melakukan service secara berkala di service resmi dari mobil Anda.