Positif dan Negatif menggunakan TV Berlangganan

Sudah banyak keluarga yang memakai tv berlangganan untuk kebutuhan hiburan mereka. Terutama bagi keluarga yang punya anak kecil, banyak orang tua yang menggunakan jasa ini untuk membantu mereka menambah pengetahuan anaknya karena akan banyak channel tentang pendidikan yang bisa dipilih dibandingkan dengan tv nasional. Selain itu, masih banyak dampak positif lain menggunakan jasa ini, antara lain:

  • Acaranya lebih fokus

Channel yang tersedia biasanya akan menyiarkan hanya satu bidang saja. Misalkan channel untuk film barat, film mandarin, acara misteri, anime dan berbagai macam lainnya.

  • Lebih banyak pilihan

Channel yang di tawarkan jauh lebih banyak dan variatif. Kita akan menjadi lebih betah menonton tv karena tidak hanya menonton acara yang itu-itu saja.

  • Untuk sarana belajar

Banyak channel tentang pengetahuan yang disediakan, seperti national geographic. Selain itu banyak acara yang ditayangkan menggunakan bahasa aslinya (bahasa inggris, jepang, mandarin) akan membantu bagi orang yang sedang mempelajari bahasa tersebut.

  • Mendapat Berita yang Update

Berita yang ditampilkan tidak hanya berita dari dalam negeri saja, tetapi juga berita dari Negara lain. Jadi wawasan kita akan lebih luas karena kita bisa mendapatkan berbagai informasi dari seluruh Negara.

  • Channel dapat di lock, aman dari anak-anak

Lebih mudah bagi orang tua untuk mengawasi acara yang akan di tonton oleh anak mereka karena channel yang dianggap tidak baik untuk anak dapat di beri password, sehingga anak tidak akan bisa menonton acara di channel tersebut.

Menggunakan jasa tv ini memang memiliki banyak manfaat, tapi ada juga beberapa dampak negatif yang didapat jika tidak dapat memanfaatkannya dengan tepat, antara lain:

  • Beberapa tv berlangganan memberikan iuran tetap per bulannya, artinya kita menggunakan atau tidak biaya yang harus kita bayar tetap senilai itu.
  • Acara kartun yang ditayangkan non stop membuat anak-anak betah di depan tv dan mungkin akan mengganggu kegiatan belajarnya.
  • Jika ada acara yang menggunakan “hak siar” untuk menayangkannya (seperti world cup) kebanyakan tidak disiarkan karena tv berlangganan tidak membeli hak siar.