Pilih Lokasi yang Tepat Untuk Mendirikan Perumahan

, , Comment closed

Banyak orang yang memiliki lebih dari satu rumah dengan tujuan sebagai Investasi masa depan. Kondisi ini menyebabkan permintaan akan rumah semakin meningkat, untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat harus pandai mengambil peluang dan memanfaatkan lahan kosong yang memang diijinkan untuk membuat perumahan sesuai kebutuhan konsumen.

Dalam menentukan lokasi pembangunan, perusahaan real estate juga tidak boleh asal memilih tempat. Apalagi jika konsumen yang dituju adalah konsumen yang ingin membeli rumah untuk investasi, karena konsumen tipe ini akan lebih berfikir mengenai hari kedepan, contohnya apakah jika membeli rumah di daerah ini akan masih bernilai tinggi di masa depan?.

Sebelum membangun perumahan di suatu lokasi, sebaiknya pertimbangkan hal berikut ini:

  • Kondisi Tanah

Tanah yang akan di dirikan perumahan harus diperhatikan kondisinya, bagaimana struktur nya, atau tanah tersebut pernah menjadi apa. Contohnya seperti tanah yang pernah menjadi rawa, biasanya memiliki struktur yang cukup rumit dan sulit untuk ditangani. Atau jika tanah tersebut bekas kuburan, seringkali akan berdampak pada harga jualnya yang menjadi lebih rendah di bandingkan dengan lokasi lain.

  • Luas Tanah

Saat ini sering ditemukan perumahan yang hanya memiliki beberapa rumah saja, hal ini bisa disebabkan karena lahan yang memang tersedia hanya sedikit. Untuk itu, bisa diakali dengan membangun rumah tingkat sehingga lahan yang diperlukan lebih sedikit namun luas bangunan yang didapat cukup luas.

  • Situasi Lokasi

Bagaimana kondisi disekitar perumahan akan berdampak pada harga jual dan minat konsumen. Jika daera itu terkenal sebagai daerah yang sering banjir, atau rawan longsong, atau rawan dengan bencana lainnya itu akan membuat konsumen ragu untuk memilih perumahan tersebut.

Selain itu, berkaitan dengan lahan  yang terbatas, maka akan sulit bagi perusahaan real estate membangun berbagai fasilitas untuk kebutuhan konsumennya. Jadi pilihlah lokasi yang memiliki fasilitas lengkap disekitar daerah perumahan, seperti dekat dengan tempat beribadah, sekolah atau berbagai fasilitas lainnya.