Perlukah Mengonsumsi Suplemen Vitamin C Secara Rutin?

Memenuhi vitamin C dalam tubuh memang sangatlah penting, sebab vitamin ini tidak hanya dapat meningkatkan daya tahan tubuh saja, tetapi juga memberi beberapa manfaat lain seperti berikut ini: (sc: alodokter)

  • Membantu proses pemulihan

Jika Anda sedang memiliki banyak aktivitas yang berisiko menurunkan daya tahan tubuh, maka vitamin C dapat membantu agar daya tahan tubuh tetap kuat. Namun vitamin C juga sebenarnya tetap penting pda saat Anda sudah terserang penyakit sekalipun, karena terpenuhinya vitamin C dapat membantu proses pemulihan. Jadi jangan karena Anda sudah sakit lalu Anda tidak memenuhi kebutuhan vitamin ini, ya.

  • Antioksidan

Vitamin C merupakan salah satu antioksidan yang sangat penting bagi tubuh untuk melawan radikal bebas. Apalagi di zaman saat ini yang sangat sulit sekali bagi Anda untuk menghindari radikal bebas seperti polusi udara. Satu-satunya cara adalah Anda sendiri yang harus membentengi diri.

  • Meningkatkan produksi kolagen

Kolagen merupakan protein yang berfungsi untuk membantu proses penyembuhan luka, mencegah penuaan dini, dan juga mencerahkan kulit. Jadi untuk Anda yang ingin memiliki kulit sehat jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh.

  • Membantu penyerapan zat besi

Seseorang mengalami masalah kekurangan zat besi (seperti anemia) terkadang bukan karena tidak tercukupinya konsumsi zat besi, melainkan karena proses penyerapan yang kurang sempurna. Vitamin C adalah salah satu nutrisi yang bermanfaat untuk membantu proses penyerapan zat besi dalam tubuh.

  • Merawat kesehatan tulang dan gigi

Ada beberapa penelitian yang menyatakan bahwa terpenuhinya vitamin C akan bermanfaat untuk kesehatan tulang, tulang rawan, dan gigi. Selain itu vitaminC juga sangat baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Nah, sudah jelas kan bahwa vitamin C memiliki manfaat yang sangat penting. Namun, amankah jika kita mendapatkannya dengan mengonsumsi suplemen setiap hari?

Sebenarnya Anda memang hanya bisa mendapatkan vitamin C dari luar karena tubuh tidak bisa memproduksinya secara alami. Anda bisa mendapatkannya secara alami melalui makanan yang dikonsumsi, pada umumnya buah dan sayur. Namun jika Anda tidak begitu menyukai kedua jenis makanan tersebut, Anda boleh saja mengonsumsi suplemen secara rutin. Hanya saja perhatikan dosis perharinya. Batas aman yang dianjurkan yaitu 500mg per harinya dan dianggap cukup untuk menjaga kesehatan.