Periksa Kendaraan Sebelum Melakukan Perjalanan

Melakukan perjalanan merupakan hal yang tidak bisa dihindari, suatu saat kita pasti akan melakukannya. Baik untuk keperluan pekerjaan, liburan atau bersilaturahmi pada keluarga. Terkadang dibandingkan dengan menggunakan kendaraan umum, beberapa orang lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi untuk perjalanan tersebut. Bagi yang tidak mau menyetir, banyak juga yang lebih memilih memanfaatkan jasa rental untuk memenuhi kebutuhan kendaraannya.

Baik menggunakan kendaraan pribadi milik sendiri maupun menyewa, kita tetap harus selalu mengecek kondisi mobil sebelum melakukan perjalanan, apalagi  jika jarak yang ditempuh cukup jauh, lokasi sepanjang perjalanan bukanlah jalanan yang ramai di lalui kendaraan lain atau jika medan yang akan dilalui adalah medan yang cukup berat. Kondisi kendaraan sangat penting untuk diperiksa karena menyangkut keselamatan pengemudi dan penumpang kendaraan tersebut juga keselamatan pengendara lain.

Beberapa Hal yang Penting untuk diperiksa adalah:

  • Oli Mesin dan Minyak Rem

Melakukan penggantian oli saat sebelum melakukan perjalanan sangat penting untuk dilakukan. Oli yang sudah terlalu cair artinya sudah tidak layak di gunakan dan harus di ganti dengan oli yang baru. Selain oli mesin, minya rem juga harus di periksa kelayakannya. Selain itu, pada dasarnya minyak rem bukan jenis yang harus selalu di isi ulang, tapi jika minyak rem habis dalam waktu singkat, periksa apakah terjadi kebocoran yang mengakibatkan minya tersebut cepat habis.

  • Rem

Kondisi rem juga harus di periksa apakah dapat berfungsi dengan normal. Hal ini sangat penting karena seringkali kecelakaan terjadi akibat kondisi rem yang tidak berfungsi secara normal.

  • Kaki-kaki Mobil

Kondisi Kaki-Kaki mobil berkaitan dengan kenyamanan saat berkendara, terutama di jalanan yang tidak rata dan berlubang. Bagian ini sangat penting karena berhubungan dengan bagian lainnya. Jika salah satu bagian saja tidak berfungsi dapat mempengaruhi bagian lain, bahkan dapat menyebabkan kerusakan pada bagian yang lain.

  • Air Radiator

Periksa jumlah air radiator, pastikan terisi sampai batas yang disarankan. Setelah melakukan pemeriksaan pastikan menutup tutup radiator dengan rapat dan benar, agar tidak terjadi masalah saat dalam perjalanan.

  • Lampu

Lampu sangat berperan penting tidak hanya saat malam hari saja. Periksa semua kondisi lampu dari mulai lampu sign, lampu rem, lampu penanda mudur, lampu kota, lampu jarak dekat dan jarak jauh. Pastikan tidak ada yang berpotensi mengalami konslet saat perjalanan.

  • Ban Mobil

Pastikan ban masih dalam kondisi baik, periksa tekanan angin, kembang-kembang yang ada pada ban, dan pemasangan baut, apakan ban sudah terpasang dengan aman dan sempurna. Kembang pada ban juga sangat penting, jika ban terlihat sudah mulai gundul (kembangnya sedikit) sebaiknya ganti ban, karena sangat berbahaya terutama saat kondisi hujan yang membuat jalanan licin.