Perbedaan Google Search Consule VS Google Analytic

, , Comment closed

Untuk membantu para pengguna google, apalagi mereka yang memakai SEO Service untuk website mereka, google memiliki beberapa tools, diantaranya Google search consule dan Google Analytic.

Terkadang untuk orang awam istilah kedua tools ini cukup membingungkan, apakah kegunaan dari tools ini? Apakah sama saja?

Kedua tools dari google ini, memiliki fungsi yang berbeda. Berikut perbedaanya:

 

Google Search Consule

Google Search consule sebelumnya disebut Google WebMaster tools. Google Search consule ini merupakan tool gratis dari Google yang memiliki fitur yang dapat melakukan perbaikan pada sebuah website seperti:

  • Crawling, Fitur ini akan memberikan info seberapa banyak website Anda yang dapat di crawling oleh robot google. Melaui page ini Anda dapat memberikan informasi terhadap Google tentang page mana yang Anda ingin tampilkan ke search engine.
  • Link, di fitur ini Anda dapat memperoleh informasiĀ  mengenai berapa jumlah link internal maupun eksternal yang ada di website Anda. Anda juga langsung bisa memperbaiki link tersebut jika mengalami broken link
  • Konfigurasi, dalam konfigurasi ini Anda dapat memberi informasi penting tentang sitemaps, target pengunjung, pengaturan URL. Semua itu berkaitan erat dengan SEO.
  • Diagnostic Problems, Di fitur ini Anda dapat memberikan pemberitahuan kepada search engine apabile webiste Anda terindikasi oleh malware. Disini lah Anda informasi mengenai apa saja yang perlu diperbaiki di website Anda yang terinfeksi dengan malware.

 

Google Analytics.

Google analytic, ada yang gratis maupun yang berbayar, Namun untuk yang gratis pun, banyak hal yang bisa Anda eksplore untuk perkembangan bisnis Anda. Google Analitik akan memberikan informasi tentang kebiasaan sehari-hari pengunjung saat datang di website Anda. Banyak fitur yang bisa dieksplore, berikut berberapa diantaranya:

 

  1. Visitor(Pengunjung), dalam fitur visitor ini Anda akan memdapatkan informasi tentang mengenai jumlah pengunjung yang berkunjung ke website Anda.
  2. Traffic, dari fitur ini Ada bisa mengukur keyword apa saja yang paling populer digunakan oleh pengunjung, keyword apa saja yang paling banyak mendatangkan traffic ke dalam website Anda, website apa saja yang memberikan traffic ke website Anda
  3. Anda dapat melihat dari page mana yang paling banyak dikunjungi, dan setelahnya page mana saja yang dikunjungi.