Perbedaan Film dengan Genre Misteri dan Genre Horor

, , Comment closed

Bagi yang memanfaatkan media televisi sebagai salah satu media hiburannya, pasti tertarik untuk memasang TV Kabel di rumahnya. Karena dengan memasang TV Kabel dirumah, kita akan mendapatkan banyak pilihan acara yang bisa kita tonton. Termasuk bagi penggemar film dengan genre misteri atau horor, karena TV Kabel menyediakan channel khusus yang menayangkan film dengan genre tersebut.

Banyak orang yang menyukai film dengan genre horor mengira bahwa genre horor dan misteri adalah sama. Karena itulah, terkadang saat mereka sedang mencari film horor yang mereka inginkan, mereka akan mencari di daftar film dengan genre misteri. Padahal, kedua genre ini memiliki perbedaan. Meskipun, pada beberapa kasus sering ditemukan bahwa film dengan genre horor juga dimasukkan kedalam kategori genre misteri. Agar kita tidak lagi salah lagi ada baiknya jika kita memahami kedua perbedaan genre ini, yaitu:

  • Genre Misteri

Film detektif adalah salah satu contoh dari genre misteri. Biasanya, dalam genre misteri ini tidak melibatkan hal-hal yang mistis (hantu dan sebagainya). Baik tokoh antagonis maupun tokoh protagonis adalah manusia. Cerita pada genre ini umumnya tidak dapat ditebak oleh penonton hingga akhir ceritanya. Penonton biasanya juga akan diajak untuk berfikir untuk menyelesaikan misteri yang terdapat pada film.

Penonton sering kali diajak untuk ikut menganalisis misteri yang sedang dihadapi oleh para pemain, karena itu terkadang penonton yang menyaksikan film ini juga harus berfikir keras. Tidak jarang, akhir cerita pada film dengan genre ini mengejutkan atau tidak diduga oleh penonton. Misalnya saja, seperti tokoh yang dianggap protagonis ternyata justru tokoh itulah penjahatnya, atau sebaliknya.

  • Genre Horor

Film dengan genre horor identik dengan berbagai hal mistis, misalnya saja seperti hantu, vampir dan sebagainya. Hal mistis tersebutlah yang umumnya menjadi tokoh antagonis pada cerita ini. Misalnya saja seperti pada beberapa film horor yang menceritakan bagaimana tokoh hantu mengejar seorang manusia karena alasan tertentu. Tokoh yang dikejar biasanya adalah seseorang yang berkaitan dengan kematian tokoh yang pada akhirnya menjadi hantu tersebut.

Baik film dengan genre horor maupun misteri memiliki penggemarnya masing-masing. Memahami genre yang kita sukai akan membantu kita menentukan film apa yang akan menarik untuk kita tonton