Perbedaan Antara Hosting dan Domain

, , Comment closed

Dalam menjalankan SEO utuk website, salah satu hal penting yang mendukung SEO adalah bagaimana performa website Anda. Performa website sangat ditentukan oleh stabilnya hosting atau server  Anda, karena bila server website sering  down akan mempengaruhi bounch rate, traffic menurun karena pengunjung malas datang ke website.

Seringkali kita mendengar mengenai hosting down, domain expire dalam dunia digital, sebagain dari kita pasti bingung, bagian dari website apakah hosting dan domain itu? Mari kita kenali lebih lanjut

Hosting

Hosting adalah tempat penyimpanan dokumen atau file-file web yang bisa diakses 24 jam nonstop. Hosting merupakan harddisk seperti pada computer biasa, hanya yang membedakan computer tersebut dipersiapkan sebagai hosting dan terkoneksi dengan internet dan hidup 24 jam tanpa mati. Komputer inilah yang sering disebut server. Jika server mati maka website kita tidak akan bisa diakses dan website juga tidak bisa diakses.

Hosting memiliki fasilitas yang berbeda-beda, dari segi kapasitas, keamanan, jumlah domain yang bisa di daftarkan dan sebagainya.

 

Domain

Domain adalah nama yang sudah ditentukan dan diatur oleh sebuah badan telekomunikasi. Nama domain adalah nama yang Anda pilih sebagai alamat dari website Anda sendiri. Nama domain adalah nama yang akan mengirim pesan ke alamat IP server hosting.

Dalam 1 hosting bisa terdapat banyak domain. Untuk jumlah domainnya tergantung pada penyedia hosting.

Mudahnya, hosting dapat diibaratkan sebuah manajemen mall, dan domain merupakan toko-toko brand didalam mall itu.

sebelumnya, para SEO biasanya akan mengincar nama website atau membuat nama domain website dengan keyword yang ingin di optimasi. Contohnya : belajaronline.com, mejalipat.com dan sebagainya. Namun hal ini sudah tidak berlaku lagi karena Google sudah mengubah algoritmanya.

Untuk memiliki sebuah website, biasanya Anda harus membeli hosting dan domain. Untuk keduanya ini sifatnya harus selalu diperpanjang sewanya atau domai maupun hosting Anda akan terhapus