Perawatan Mobil yang Sering Terabaikan (Part 2)

, , Comment closed

Perawatan mobil apa yang sering kamu lakukan? Mungkin banyak dari kamu yang akan menjawabnya dengan ganti oli mesin secara berkala, atau membawanya ke bengkel dan menyerahkannya pada montir yang menanganinya. Ya itu memang salah satu perawatan penting yang harus dan umum dilakukan oleh pemilik kendaraan. Akan tetapi, tahu nggak sih kalau selain oli mesin, sebenarnya ada banyak sekali komponen pada mobil yang juga harus kamu perhatikan?

Beberapa diantaranya sudah dibahas di part 1, dan sekarang akan dilanjutkan kembali di part 2:

  • Air radiator

Banyak orang yang lupa melakukan pemeriksaan terhadap radiator sebelum melakuka perjalanan. Umumnya, komponen ini baru diperiksa setelah temperatur tiba-tiba meningkat saat mobil sedang dikendarai. Akibatnya,

merawat mobil

                                    merawat mobil

kerusakan sudah cukup parah dan tidak menutup kemungkinan mobil harus menginap di bengkel selama masa perbaikan. Padahal, kalau masalah pada radiator diketahui sejak dini, mungkin masalahnya tidak akan semakin parah. Masalah pada radiator ini dapat ditandai dengan terlalu cepat habisnya air radiator diluar kebiasaan. Selain itu, kebiasaan pemilik mobil untuk menggunakan air biasa sebagai air radiator sebenarnya juga hal yang salah, sebab air ini dapat mempercepat proses karat pada komponen mesin mobil. Sebaiknya, gunakan air khusus radiator untu menjaga keawetan mesin.

  • Aki

Mesin mobil tidak akan pernah mau menyala jika aki mobil bermasalah. Namun kenyataannya, komponen ini juga adalah salah satu yang sering dianggap tidak penting. Dari mulai memilih aki yang paling murah tanpa peduli kualitas (saat mengganti aki), tidak pernah memanaskan mobil hingga beberapa hari saat mobil tidak digunakan, atau membiarkan lampu terus menyala saat tidak sedang digunakan. Berbagai hal tersebut, adalah hal yang dapat berisiko mempercepat kerusakan aki. Selain itu, meskipun aki adalah salah satu komponen yang terbilang cukup awet, namun jangan lupa bahwa aki tetap memiliki batas usia pakai. Jika memang sudah melewati batas tersebut, sebaiknya gantilah dengan yang baru.

  • Lampu

Pernah kesal melihat pengendara yang tidak menyalakan lampu saat malam hari? Nah, terbayang dong bagaimana pemikiran pengendara lain padamu saat kamu tidak menyalakan lampu saat berkendara malam hari. Jika hal ini terjadi karena lupa menyalakan, mungkin bukan masalah karena kamu tinggal menyalakannya. Namun, bagaimana jika hal ini dikarenakan lampu yang sedang bermasalah? Hmm… merepotkan bukan? Mencari bengkel yang menjual dan mampu memasangkan mungkin bukan hal yang mudah, apalagi ketika hari sudah malam. Sebab itulah, demi keamanan lakukan pemeriksaan lampu dan pastikan lampu menyala dengan normal sebelum bepergian. Selain itu, bersihkanlah kaca lampu secara berkala agar cahaya lampu dapat keluar maksimal dan tidak terhalang kotoran.

Beberapa hal di atas mungkin ada yang hanya berhubungan dengan kenyamanan berkendara, dan ada yang berkaitan langsung dengan keselamatan. Sebab itulah, hal sekecil apapun pada mobil, sangat wajib untuk diperhatikan. (Vita)