Perawatan Mobil yang Sering Terabaikan (Part 1)

, , Comment closed

Ganti oli mesin secara berkala adalah salah satu jenis perawatan standar yang paling rajin dilakukan oleh para pemilik mobil. Semalas apapun seseorang dalam merawat mobilnya, hal ini pasti tetap saja dilakukan. Yah, walaupun terkadang melewati waktu yang sudah dijadwalkan, namun tetap saja suau saat oli akan diganti. Biasanya, yang mereka jadikan tanda bahwa kendaraannya membutuhkan perawatan yaitu, tarikannya yang terasa lambat, dan kendaraan yang terasa kurang nyaman dikendarai.

Sayangnya, mereka biasanya hanya terfokus pada satu perawatan itu saja dan lupa bahwa mobil memiliki banyak komponen lain yang juga membutuhkan perawatan. Beragam komponen ini tentunya juga membutuhkan perawatan, sama halnya dengan oli mesin. Sayangnya, karena beragam alasan hal ini justru terabaikan. Berikut ini

adalah beberapa jenis diantaranya:

  • Saringan

Ukurannya yang kecil dan lokasinya yang cukup tersembunyi membuat komponen ini menjadi salah satu yang

merawat mobil

                                merawat mobil

sering terabaikan. Banyak orang yang lupa, bahwa dalam mobil terdapat 3 jenis saringan yang harus dibersihkan atau diganti secara berkala. 3 sarringan ini yaitu, saringan oli, saringan bensin, dan saringan udara. Jika ketiga saringan ini tidak dilakukan perawatan, maka kotoran yang terdapat di dalamnya semakin lama akan menumpuk, dan pada akhirnya terjadi sumbatan. Lalu apa dampaknya? Sudah jelas, akan mempercepat kerusakan mesin.

  • Minyak rem

Rem merupakan salah satu komponen penting pada mobil yang berkaitan langsung dengan keselamatan. Tapi pada kenyataannya, justru banyak pengguna mobil yang tidak peduli dngan komponen ini, salah satunya pada komponen pendukungnya yaitu minyak rem. Padahal, minyak rem yang lama tidak diganti akan semakin cair dan bisa mengandung air. Akibatnya, dapat menyebabkan rem berfungsi tidak maksimal. Hmm… Sangat berbahaya, bukan?

  • Wipper

Ah, cuma wipper doang, nggak terlalu penting. Yap, komponen yang satu ini memang termasuk yang paling sering diabaikan. Memang, pada saat cuaca cerah, wipper akan menjadi satu komponen yang mungkin tidak bermanfaat. Akan tetapi, coba bayangkan ketika kamu harus mengendarai dalam kondisi hujan deras, dan ternyata karet wipper kamu bermasalah. Akibatnya, air yang ada pada kaca depan mobilmu tidak tersapu secara sempurna dan membuat pandanganmu terhalang?

Ingatlah bahwa semua komponen dalam mobil adalah satu kesatuan. Artinya, tidak ada satupun komponen pada mobil yang tidak penting. Baik komponen yang telah disebutkan di atas ataupun yang ada pada part 2, semuanya sangat penting dan harus diperhatikan. Kondisi mobil yang baik, akan mengurangi risiko terjadinya kecelakaan yang mungkin akan menimpa kita. Jadi, jangan pernah mengabaikannya. (Vita)