Pentingnya Decluttering untuk Kehidupan yang Lebih Baik

, , Comment closed

Pernah berniat untuk melakukan decluttering di apartemen The Parc yang Anda tempati? Kini istilah decluttering kembali populer di masyarakat. Bisa dibilang decluttering merupakan seni membereskan rumah yang beberapa tahun lalu dipopulerkan oleh Peter Walsh, seorang pakar declutter dari Amerika Serikat. Kemudian, belakangan ini decluttring kembali happening dan seringkali dikaitkan dengn Marie Kondo, seorang konsultan Jepang yang berhasil mempopulerkan KonMari Method atau teknik membereskan rumah yang unik dan efektif. Kalau Anda penasaran, Anda bisa mencari teknik KonMari di berbagai sumber, baik buku atau internet.

Meskipun membereskan rumah sepertinya sering Anda lakukan, decluttering memerlukan effort yang lebih banyak lagi. Yang dimaksud di sini adalah bukan sekedar menata barang-barang di apartemen agar terlihat rapi tapi juga menghilangkan barang-barang yang sudah tidak terpakai. Terkadang barang-barang yang Anda pikir Anda perlukan ternyata hanya memberikan manfaat yang signifikan dan hanya memenuhi ruangan. Karena itu, dalam metode decluttering Anda harus benar-benar memilih mana saja barang yang seharusnya tetap disimpan dan mana yang harus dijual, didonasikan, atau bahkan dibuang.

Decluttering

Decluttering

Untuk mempermudah menyeleksi mana barang yang harus disimpan dan mana barang yang harus dihilangkan, coba lihatlah dari segi fungsinya. Jika barang tersebut memiliki banyak fungsi tapi jarang Anda gunakan, sebaiknya pikir dua kali untuk menyimpannya. Pikirkan saja mungkin barang tersebut bisa lebih bermanfaat di tangan orang lain. Mulailah decluttering dari barang yang sering digunakan, yang sering tampak, dan yang sudah mulai menumpuk. Bahkan barang-barang sepele seperti sikat gigi juga perlu Anda pilah.

Decluttering dilakukan untuk mewujudkan hidup yang minimalis dan lebih rapi. Selain hunian tampak lebih lega dan nyaman, decluttering juga dapat membawa energi positif pada diri Anda. Perasaan akan menjadi lebih lega karena Anda tahu barang-barang yang Anda miliki semuanya bermanfaat dan tidak ada yang sia-sia. Mungkin Anda belum begitu mengerti dampak decluttering pada kehidupan sehari-hari sampai Anda mempraktikkannya sendiri. Yang pasti, Anda akan lebih semangat dan aktif untuk memulai aktivitas kembali!