Pengaruh Positif Internet terhadap Industri Musik

, , Comment closed

Internet sudah menjadi hal yang wajib untuk dimiliki oleh masyarakat. Hampir di seluruh kota di Indonesia, termasuk kota Indramayu, sudah memiliki akses internet di rumahnya masing-masing.

Penggunaan internet dengan cara yang tepat sebenarnya akan sangat bermanfaat. Tidak hanya bagi masyarakat untuk mendapat berbagai informasi saja, tetapi juga untuk keperluan bisnis berbagai industri, salah satunya adalah industri musik. Pemasaran sebuah lagu melalui layar televisi saat ini dianggap kurang efektif. Hal ini disebabkan karena, aktifitas seseorang yang mulai padat dan lebih sering berada di luar rumah membuat sebagian besar masyarakat tidak memiliki waktu menonton TV di rumahnya.

Selain Tv, biasanya sebuah lagu juga di pasarkan melalui radio, dan ini masih cukup efektif karena seringkali seseorang mengerjakan aktifitasnya sambil mendengarkan radio. Hanya saja cara inipun memiliki kelemahan, yaitu suatu lagu mungkin saja sangat terkenal, tetapi banyak yang tidak mengetahui siapa nama penyanyinya dan seperti apakah penyanyinya. Namun, pemasaran sebuah lagu juga memanfaatkan teknologi internet, maka akan lebih efektif dan mudah di akses oleh setiap orang.

Mungkin kalian sering mendengar istilah “Artis Youtube”, artis atau penyanyi ini memang mulai dikenal oleh masyarakat luas akibat situs Youtube, karena itulah mereka disebut dengan istilah tersebut. Biasanya, mereka akan bernyanyi dan merekamnya kemudian meng-upload video tersebut di situs Youtube. Jika banyak orang yang tertarik dan menyukai video tersebut, maka orang tersebut akan lebih cepat terkenal. Jika seseorang berhasil mendapatkan banyak viewers pada video yang di uploadnya,  seringkali mereka akan mendapatkan berbagai tawaran untuk tampil di berbagai acara televisi. Bahkan, banyak juga producer yang pada akhirnya tertarik untuk mengorbitkan orang tersebut untuk menjadi penyanyi profesional.

Akan tetapi, terkenal melalui media Youtube bukan berarti mereka tidak perlu bekerja keras. Persaingan dalam dunia entertaiment, termasuk dunia musik membuat mereka harus bekerja keras memanfaatkan kesempatan yang ada. Jika mereka berhasil memanfaatkan kesempatan, mereka akan berhasil untuk meraih popularitas dan kesuksesan. Namun, banyak juga artis Youtube yang hanya bertahan beberapa saat, dan kemudian namanya kembali tenggelam.