Museum OHD Magelang, Kumpulan Koleksi Seni Terlengkap di Indonesia

, , Comment closed

Saat berlibur ke Magelang, jangan lupa untuk mencari hotel di Magelang yang dekat dengan spot-spot wisata. Sebab, Magelang merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang memiliki banyak tempat menarik seperti candi Borobudur, Punthuk Setumbu, dan juga berbagai museum. Jika ingin menikmati museum seni rupa kontemporer, maka Anda wajib berkunjung ke museum OHD Magelang.

Sekilas tentang asal muasal nama museum ini. OHD diambil dari nama pendiri museum sendiri, yakni Oei Hang Djien yang lahir di Magelang pada tanggal 5 April 1939. Ia merupakan seorang dokter yang telah menyelesaikan studinya di Holland pada tahun 1988 dan akrab disapa sebagai OHD.  OHD sudah mulai

museum OHD

Kabarmagelang.com

mengoleksi karya-karya seni sejak tahun 1970-an dan mulai membangun gedung pada tahun 1997 untuk menyimpan koleksinya. Seiring berjalannya waktu, koleksi OHD pun semakin bertambah. Pada tahun 2006, bangunan kedua pun dibangun. Sedangkan, museum pribadi tersebut baru dibuka untuk umum pada April tahun 2012.

Terdapat berbagai jenis karya seni yang dikoleksi oleh OHD. Mulai dari lukisan, pahatan, patung, seni instalasi, hingga new media art. Di antara koleksi seni ini juga terdapat karya-karya seniman besar Indonesia seperti Soedibio, Widayat, Hendra Gunawan, S. Sudjojono, dan juga Affandi. Namun bukan berarti museum OHD hanya menerima karya seni hasil seniman legendaris. Museum ini juga menjadi wadah bagi para seniman-seniman baru yang ingin berkarya dalam bagian new collection.

Museum ini menjadi tempat berkumpulnya karya seni rupa kontemporer dan modern Indonesia. Ada lebih dari 2000 karya seni Indonesia yang dipamerkan. Bahkan saking banyaknya ragam koleksi, museum ini mendapatkan penghargaan MURI sebagai museum dengan koleksi lukisan Indonesia yang paling lengkap dari setiap periode.

Untuk berwisata ke museum seni ini, pengunjung dikenakan biaya masuk seharga Rp50.000 hingga Rp100.000. Sementara para pelajar akan mendapatkan potongan khusus, sehingga hanya perlu membayar seharga Rp25.000 – Rp50.000 saja. Bahkan jika berkunjung beramai-ramai hingga 10 orang atau lebih, Anda bisa bebas dari biaya masuk. Untuk berwisata ke museum ini, Anda bisa mengunjungi lokasinya di Jl. Jenggolo 14 Magelang, Jawa Tengah. Selamat berwisata! (Rima)