Mengenali Perbedaan Gelato dan Es Krim

, , Comment closed

Gelato dan es krim. Sama-sama dingin dan enak, tapi sebenarnya berbeda lho.

Sekarang ini, sudah banyak gerai gelato dan es krim yang menjamur di pusat perbelanjaan ibukota. Sebagai masyarakat awam, kita pun tentunya menganggap bahwa kedua kudapan ini adalah sama. Toh baik es krim atau gelato sama-sama dingin, creamy, punya banyak rasa, dan pastinya, bermodel sama! Satu hal deh yang perlu diingat: tidak boleh banyak-banyak makan es krim dan gelato karena bisa membuat gemuk.

Well, selidik punya selidik, ternyata gelato dan es krim ini berbeda lho. Gelato, dessert asal Italia, sama sekali tidak bisa disamakan dengan es krim. Perbedaannya adalah sebagai berikut:

  1. Gelato lebih creamy, lebih lembut, dan juga lebih soft ketika dimakan. Pasalnya, gelato dibuat dengan menggunakan whole milk sehingga lebih memiliki sedikit lemak dibanding es krim.
  2. Baik gelato dan juga es krim mengandung krim, susu, dan juga gula. Hanya saja, gelato dibuat dengan menggunakan lebih banyak susu dan lebih sedikit krim. Sementara itu, es krim justru lebih banyak menggunakan krim dan susu, serta menggunakan kuning telur.
  3. Es krim mengandung 10% lemak sementara gelato hanya memiliki 4% lemak.
  4. Gelato disajikan dalam keadaan 10 hingga 15 derajat lebih hangat dibanding es krim, yakni sekitar 7 hingga 12 derajat Fahrenheit. Inilah yang membuat lidah kita bisa lebih mengapresiasi rasa gelato dan tidak membuat indera perasa beku.
  5. Serving style. Italian gelato yang autentik tidak disajikan menggunakan scooped melainkan dengan menggunakan

Meskipun agak sulit untuk melihat perbedaan antara gelato dan es krim secara kasat mata, ternyata keduanya sama sekali berbeda ya. Mulai saat ini, semoga kamu tidak salah tangkap lagi antara gelato dan juga es krim, ya!