Mengenal Istilah Bootloop pada Android

, , Comment closed

Perkembangan smartphone Indonesia, bisa dibilang sangat cepat. Hal ini bisa terlihat jelas, dari cepat turunnya harga sebuah ponsel akibat dikeluarkannya ponsel terbaru dengan spesifikasi yang sedikit lebih tinggi dari produk sebelumnya. Hal ini tentunya berkaitan erat dengan perkembangan teknologi yang berjalan cukup cepat. Sehingga teknologi pada ponsel, atau yang saat ini sering disebut dengan smartphone pun harus mengikutinya. Semakin hari, smarphone akan terus dibekali dengan teknologi terbaru dan kemampuan yang terus saja bertambah.

Namun, hal ini bukanlah tanpa kekurangan. Terkadang, tingginya teknologi dan kemampuan yang dimiliki suatu

android-bootloop

smartphone, membuat sang pengguna menjadi terlena dalam memanfaatkannya. Akibatnya, smartphone kesayangannya tersebut error, dan mengalami bootloop. Jika sudah begini, langsung panik dan heboh menyalahkan pabrikan smartphone.

Bootloop, adalah salah satu masalah paling sering yang ditemukan pada smartphone, salah satunya yang menggunakan os Android. Bootloop ini merupakan gabungan dari kata “boot” yang artinya proses menghidupkan perangkat, dan “loop” atau pengulangan. Jika digabungkan, bootloop artinya terjadinya pengulangan pada proses menghidupkan perangkat secara terus menerus. Biasanya, proses bootloop ini ditandai dengan proses yang berhenti pada saat logo smartphone keluar.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan proses bootloop ini, seperti penggunaan yang terlalu sering hingga ponsel kelelahan, terlalu banyaknya aplikasi yang membebani sistem, dan beberapa hal lainnya. Ketika proses bootloop ini terjadi, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan, tergantung dari jenis bootloop-nya. Untuk yang paling ringn, kita bisa mencoba untuk mengatasinya dengan cara yang paling sederhana, yaitu melepaskan baterai selama beberapa saat dan kemudian coba menghidupkan kembali ponsel. Jika baterai ponsel kita adalah model non removable, maka cara paling sederhananya adalah melakukan factory reset atau Android System Recovery.

Namun, jika masalah bootloop android ini masih belum dapat teratasi juga dengan cara di atas, maka satu-satu jalan adalah melakukan install ulang pada sistem Android. Hanya saja, untuk melakukan proses ini bukanlah hal yang mudah. Sebab itulah, akan lebih baik jika kita ingin melakukannya sendiri, carilah informasi terlebih dahulu sebanyak-banyaknya hingga kita benar-benar sudah paham karakteristik ponsel kita. Atau, kita juga bisa meminta tolong pada yang ahli seperti membawanya ke service center dari brand ponsel kita. (Vita)