Mengenal Accelerated Mobile Pages (AMP) Google

, , Comment closed

Pada Februari 2016 lalu, Google mengeluarkan  AMP (Accelerated Mobile Pages). AMP ini berfungsi untuk menurunkan spesifikasi data dari sebuah website sehingga tampilan website tersebut terlihat jauh lebih sederhana jika dibandingkan dengan ketika Anda mengunjungi website tersebut menggunakan browser di PC. Inilah yang menjadikan website lebih mudah dibaca dengan cepat tanpa membutuhkan waktu loading lama.

Cara kerja Google AMP ini tidak jauh berbeda dengan artikel pada Facebook Instant. Keduanya hanya digunakan dalam dua platform yang berbeda, di mana Google AMP menggunakan mesin pencari Google sedangkan Facebook Instant Articles pada media sosial Facebook.

Google AMP akan mengoptimalisasi kode HTML yang digunakan dan menyimpannya dalam bentuk cache website. Nantinya cache website ini yang akan dimuat sehingga mobile browser yang digunakan pengunjung tidak perlu mengunduh file berulang-ulang kali. Untuk menerapkan halaman Google AMP ini setidaknya ada beberapa komponen utama yang perlu kamu persiapkan, yaitu AMP HTML, AMP JS, dan AMP CDN.

Tampilan website hasil  AMP sangat direkomendasi terutama bagi para pemilik website.Karena, ketika menerapkan Google AMP, website memungkinkan untuk ditampilkan secara horizontal, seperti carousel yang bisa Anda jumpai pada platform Instagram. Jadi, setelah pengunjungmembaca satu artikel, pengunjung bisa melihat dan mengunjungi artikel-artikel lainnya hanya dengan menggeser layar atau swipe ke kiri dan kanan.

Faktor-faktor seperti kecepatan loading website, page views, dan peringkat dalam mesin pencarian saling berpengaruh satu sama lain. Dalam hal ini, ketika website dapat diakses dengan cepat, maka pengunjung berkesempatan untuk melihat halaman-halaman lain yang ada pada website. Hasilnya, bounce rate akan berkurang sehingga halaman website memiliki peringkat yang lebih baik di mesin pencarian Google.

Google AMP memang bukan faktor utama yang mempengaruhi visibilitas website yang kamu kelola. Namun, jika website memiliki waktu loading cepat serta tampilan yang sangat mobile friendly, tentu akan lebih disukai oleh pengunjung. Artinya semakin banyak orang datang ke website Anda, maka semakin tinggi pula nilai visibilitas website tersebut.