Mengatasi Kulit Kering Pada Anak

, , Comment closed

Tidak jauh berbeda dengan kulit orang dewasa, kulit bayi juga bisa mengalami kekeringan, loh. Kulit bayi yang kering biasanya timbul akibat lingkungan eksternal yang ada di sekitarnya. Seperti cuaca, rutinitas perawatan kulit, dan lain sebagainya. Sebagai orang tua, tentunya Anda ingin selalu melihat kulit bayi sehat, bukan? Nah, untuk mengurangi kulit kering pada bayi, sebaiknya lakukan beberapa hal ini secara kontinu:

  1. Pilih produk perawatan bayi. Bahan produk perawatan bayi tentunya sangat berbeda dengan bahan produk yang digunakan oleh orang dewasa. Sebab produk untuk orang dewasa biasanya mengandung bahan-bahan yang tidak baik untuk kulit bayi Anda. Pilih produk khusus bayi yang tanpa zat pewarna dan bahan kimia agar tidak mengiritasi kulit bayi. Hindari produk yang mengandung propylene glycol, lanolin, zat pengawet, atau pewangi.
  2. Gunakan pelembab. Pelembab memiliki kemampuan untuk menghalau kulit kering dan membuat kulit bayi kita akan menjadi lebih lembab. Efek sampingnya, mungkin kulit akan terasa berminyak. Tapi setidaknya lebih baik dibanding harus mengalami kulit kering. Saat musim hujan tiba, gunakan pelembab lebih sering karena kemungkinan kulit kering semakin meningkat. Banyak jenis pelembab untuk bayi di pasaran, pilihlah yang paling sesuai untuk kriteria kulit anak. Jangan lupa untuk selalu mengecek kandungan zatnya.
  3. Mandikan anak dengan air hangat. Pastikan bahwa air yang digunakan hangat-hangat kuku. Hindari penggunaan air yang agak panas karena akan membuat kelembapan kulit berkurang. Selesai memandikan, keringkan seluruh tubuh anak dengan handuk kering. Lap dengan lembut dan jangan menggosok terlalu keras.
  4. Pilih pakaian dengan tepat. Pakaian yang baik untuk anak biasanya terbuat dari katun lembut. Sebab katun memberi sedikit ruang antara kulit untuk tetap menerima udara dari sekitarnya dan tidak pengap. Hindari pakaian yang terbuat dari bahan sintesis, wool, atau nilon karena bisa menimbulkan iritasi.

5. Berikan makanan yang kaya akan antioksidan dan vitamin E. Dan jangan lupa untuk terus memberikan asupan air susu untuk tubuh anak demi kelancaran metabolismenya