Mengapa Dementor Disebut Sebagai Makhluk Paling Ditakuti di Dunia Sihir?

, , Comment closed

Dunia sihir penuh dengan makhluk aneh dan menakutkan seperti yang dapat dilihat dalam serial Harry Potter ciptaan JK Rowling. Serial yang selalu meledak di pasaran mulai dari buku, film, hingga pemutaran ulang filmnya ini memang memiliki banyak penggemar, bahkan bisa dibilang menjadi fandom terbesar yang pernah ada. Nah, meski di dunia sihir terdapat hewan-hewan aneh yang menakutkan seperti naga, raksasa, dan juga laba-laba, tidak ada sesuatu yang lebih menyeramkan dibanding dementor. Seperti yang dikutip dari situs Pottermore, Dementor berhasil menghadirkan kengerian yang tiada batas, melebihi hewan-hewan lainnya.

Kemunculannya bagaikan mimpi buruk.

Pertama kali pembaca diperkenalkan dengan Dementor adalah pada buku Harry Potter and the Prisoner of Azkaban. Dalam buku, digambarkan bahwa Harry sedang bersantai di dalam kompartemen kereta yang membawanya ke Hogwarts bersama Lupin, ketika suasana di sekitarnya berubah menjadi gelap dan menakutkan. Lalu, jendela di sisinya tiba-tiba terbuka dan menunjukkan sesuatu yang paling tidak ingin dilihatnya di dalam kegelapan dan tidak juga ingin ditemuinya di bawah sinar matahari meski dengan 1000 lampu sekalipun.

Di situs Pottermore sendiri, Dementor digambarkan dengan deskripsi sebagai berikut:

‘There was a hand protruding from the cloak and it was glistening, greyish, slimy-looking and scabbed, like something dead that had decayed in water …’

‘And then the thing beneath the hood, whatever it was, drew a long, slow, rattling breath, as though it was trying to suck something more than air from its surroundings.’

Berdasarkan deskripsi tersebut, bisa dibilang Dementor merupakan makhluk menakutkan yang seolah hadir dari mimpi buruk. Keberadaannya sangat tidak diinginkan, dengan tudung hitam yang menutupi seluruh tubuhnya. Kulit tangannya pucat dan berlendir, serta berbau layaknya mayat seolah telah berada di dalam air selama bertahun-tahun.

Mengingatkan dengan trauma paling mendalam.

Hal yang berikutnya Harry lakukan ketika Dementor datang ke kabinnya adalah pingsan dan ia mendengar suara teriakan di sekitarnya. Sebabnya adalah karena Dementor mampu menarik trauma terdalam yang berusaha dilupakan oleh seseorang. Dan bagi Harry, momen-momen tersebut adalah ketika ibunya, Lilly Potter, berusaha melindungi Harry dari Voldemort.

‘Not Harry, not Harry, please not Harry!’

‘Stand aside, you silly girl … stand aside, now …’

‘Not Harry, please no, take me, kill me instead –’

Dementor tidak peduli dengan siapa kita atau apa yang telah kita lakukan. Mereka punya kemampuan untuk melihat sesuatu yang berusaha kita sembunyikan dan trik apa pun tidak akan mengecoh mereka. Seperti yang dikatakan Dumbledore: ‘Bukan sifat asli Dementor untuk memahami alasan atau mendengarkan pembelaan’.

Menghisap kebahagiaan.

Lupin pernah berkata bahwa Dementor mampu menyerap semua kedamaian, harapan, dan juga kebahagiaan di sekitar mereka. Bahkan Muggles bisa merasakan kehadiran para Dementor, meski mereka tidak melihatnya. Jika seorang penyihir berjalan di dekat Dementor, maka seluruh harapan dan kebahagiaannya akan terhisap dan ia akan tersisa bersama kegelapan dan juga pengalaman paling buruk di dalam hidup.

Nah, sudah tahu kan mengapa Dementor dikatakan sebagai makhluk paling menakutkan di dunia sihir? Terlebih lagi, Dementor juga menjadi salah satu penjaga di Azkaban sehingga tak ada yang bisa melarikan diri dari penjara tersebut! Hii, seram!